CEDERA YANG SERING TERJADI DALAM SEPAK BOLA

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Footballer sues for loss of earnings due to injury

     Sepak bola adalah olahraga yang sering di mainkan oleh orang-orang entah itu dari kalangan atas ataupun kalangan bawah. Sepak bola dimainkan oleh 11 orang dalam satu regu yang termasuk pemain inti,dan pemain cadangan. Karena olahraga sepak bola termasuk olahraga yang cukup simpel, ternyata ada cedera yang bisa terjadi dan menyebabkan cedera serius. Maka dari itu, perlunya mengetahui kemungkinan cedera apa saja yang bisa terjadi saat melakukan olahraga sepak bola ini.

     Cedera dalam olahraga sangat mungkin terjadi, tidak ada olahraga atau aktivitas yang tidak memilki kemungkinan cedera. Oleh karena itu kita harus tetap hati-hati terhadap apa yang kita lakukan. Cedera dalam sepak bola yang sering terjadi ada pada bagian sprain injuries,cederea ACL,cedera hamstring,dan cedera bagian kepala. Cedera yang di sebutkan tadi adalah, cedera yang sering sekali di dapati pada pemain sepak bola.

     Sparain injuries,cedera yang sering di rasakan para pemain sepak bola. Merupakan cedera yang terjadi pada ligamen,yaitu jaringan ikat yang menghubungkan antara tulang dan sendi yang dimana hantaman akibat atar tubuh pemain sepak bola yang tidak terelakkan,salah posisi lari atau mendarat dengan posisi yang salah. Menurut laman FIFA, sprain Injuries termasuk salah satu cedera yang sering dialami pesepak bola saat merumput. Cedera ini bisa terjadi pada sisi luar pergelangan kaki,dan posisi telapak kaki yang berubah-ubah.

     Cedera ACL adalah peregangan berlebih atau bahkan robekan yang terjadi pada anterior cruciate ligaments (ACL),salah satu ligamen penahan persendian lutut. Cedera ini disebabkan oleh dua hal. Pertama, karena kontak langsung saat melakukan tackle. Kedua, karena bergerak terlalu cepat dan mendarat dengan posisi yang salah. Cedera ini bisa mengakibatkan penyembuhan paling lama yaitu memakan waktu setidaknya enam bulan atau lebih. Cedera ACL juga menjadi cedera yang ditakuti para pemain sepak bola profesional karena termasuk fatal.

     Selanjutnya ada cedera Hamstring. Cedera yang sering terjadi dan dialami pemain sepak bola lebih dari satu kali. Cedera hamstring terjadi karena otot hamstring terpelintir atau mengalami robek. Hamstring sendiri dibagi menadi tiga kelompok otot pada paha bagian belakang. Cedera ini biasanya terjadi karena gerakan menendang yang dilakukan pemain.

     Cedera Kepala, dalam permainan sepak bola, seorang pemain pasti tidak bisa lepas dari namanya menyundul bola, baik itu mencetak gol atau membuang bola. Akan tetapi menyundul bola terkadang bisa berakibat fatal karena bisa saa terjadi kecelakaan benturan sesama pemain, tiang gawang, tanah ataupun bola sehingga menyebabkan cedera kepala. Akibatnya cedera ini bisa menyebabkan geger otak,cedara pada mata, ataupun keretakan pada tengkorak.

     Sindrom Iliotibial band, ini adalah cedera yang melibatkan tendon yang di sebut pita IT, yaitu jaringan ikat di sepanang bagian luar paha. Berlari terus menerus selama sepak bola dapat memberikan gesekan karena pita IT ditarik sepanang bagian luar lutut. Hal ini dapat menyebabkan tendinitis (peradangan urat).

     Tendinitis,yaitu ketika tendon meradang, kondisi disebut sebagai tendinitis. Ini umumnya diakibatkan karena penggunaan berlebihan otot kaki. Namun kondisi ini juga dapat berkembang ketika cedera menciptakan robekan kecil di serat otot. Dan untuk megantisipasi nya sebaiknya berikan waktu istirahat terhadap otot-otot yang di gunakan secara berlebih.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x