Mengenal Steroid dan Efeknya untuk Membesarkan Otot

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Steroid adalah suatu senyawa yang secara alami diproduksi dalam tubuh. Ada banyak jenis steroid yang berbeda dan memiliki fungsi tersendiri, misalnya kolesterol dan hormon pada pria. Selain steroid alami, ada juga dua jenis steroid buatan, yakni steroid sintetis dan steroid anabolik. Anabolik steroid paling sering digunakan untuk membesarkan otot yang terbuat dari bahan sintetis yang mirip dengan hormon seks pria. Namun banyak sekali atlet ataupun binaraga kini menggunakan steroid jenis ini.

Keunggulan dan kekurangan steroid

Kekurangan

  • Perubahan suasana hati
  • Penurunan nafsu makan
  • Meningkatnya risiko stroke, gagal ginjal, penyakit hati, dan kanker hati
  • Ketergantungan atau kecanduan steroid
  • Infertilitas atau gangguan kesuburan dan impotensi

Keunggulan

  • Membentuk otot lebih cepat
  • Menghambat kehilangan otot
  • Stamina lebih dibandingkan natural


Nah, steroid anabolik bisa dipakai secara medis untuk merangsang pubertas pria atau mengatasi penyakit yang membuat penderitanya kehilangan berat badan, seperti kanker atau AIDS. Secara ilegal, steroid tersebut sering dipakai oleh individu yang ingin membentuk otot. Mereka rutin menyuntikkan atau menelan pil steroid setiap hari dengan dosis 10 sampai 100 kali yang disarankan medis agar mendapat tubuh berotot. Bagaimana cara kerjanya? Saat melakukan olahraga, seperti latihan beban, otot-otot kita yang terbuat dari serabut otot, akan pecah. Agar otot itu bisa bekerja dengan optimal, otot yang pecah tadi harus diperbaiki dan tambahan protein dibutuhkan agar seratnya kembali utuh dan lebih tebal. Otot bisa bertambah dalam hal ukuran. Prosesnya disebut dengan hipertropi otot. Namun tidak bisa semaksimal yang kita inginkan karena ada batasan produksi alami testosteron. Jadi, harapan kita untuk memiliki tubuh tegap berotot juga tidak bisa cepat didapatkan. Steroid anabolik memungkinkan lebih banyak protein dihasilkan tubuh, sehingga otot pun lebih besar. Walau begitu, latihan olahraga yang tepat dan konsumsi makanan mengandung protein juga harus dilakukan. Sayangnya, steroid bukan hanya memengaruhi area tubuh tertentu saja, misalnya bisep. Menambahkan ekstra steroid dalam tubuh berpengaruh negatif, seperti jerawat, tekanan darah tinggi, kebotakan, disfungsi ereksi, bahkan testis mengecil.

Tentu banyak orang tergiur dengan hasil yang cepat dan menggunakan steroid. Namun banyak juga hal negatif yang didapat dalam waktu yang panjang. Bagi anda yang hanya fitness enthusiast alias bukan binaraga tentu membentuk otot secara alami lebih menguntungkan dalam jangka dekat maupun panjang. Jadi jangan mudah tergiur untuk menggunakan steroid.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x