JENIS-JENIS PENYAKIT YANG BISA DISEMBUHKAN DENGAN OLAHRAGA

Diposting oleh Genetix Fitness pada


     Penyakit mungkin adalah hal yang sangat tidak diinginkan keberadaanya, namun tetap saja akan muncul secara tidak terduga karena pola hidup, dan keturunan atau penyebab lainnya. Tetapi, ada beberapa penyakit yang mungkin bisa di pulihkan atau disembuhkan dengan aktivitas olahraga. Kira-kira apa saja jenis penyakitnya dan olahraga seperti apa yang di maksud ?

     Siapa yang tidak asing dengan nyeri sendi dan pegal linu, hanya dengan berjalan santai beberapa menit ternyata mengurangi nyeri persendian dan linu. Mungkin terdengar sepele, namun tetap menjadi fakta apabila kita merealisasikan nya secara langsung. Sendi yang sering nyeri terkadang bisa diakibatkan karena kurang aktivitas gerak atau terlalu banyak duduk. Berjalan santai salah satu bentuk olahraga ringan.

     Gangguan tidur, tentu setiap orang menginginkan tidur yang nyenyak dan pulas. Dimasa sedang tertidur, banyak aktivitas ginjal dan bagian tubuh dalam yang tetap bekerja. Oleh karena itu jika  kualitas tidur buruk ini akan berdampak pada aktivitas yang kita lakukan seperti mengantuk saat sudah seharusnya bangun, menganggu fokus karena kesulitan tidur dan lainnya. Disini olahraga juga bisa menjadi salah satu obat yang membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang baik. Saat beraktivitas pasti merasa lelah. Saat malam, tubuh otomatis merespon untuk istirahat, maka jika saat pagi atau sore hari telah melakukan aktivitas fisik pasti malamnya akan tidur dengan lelap dan pulas. Olahraga yang di lakukan bisa seperti Yoga dan Tai Chi, dan juga jogging.

     Ada kabar baik bagi pengidap asma, jika pemilik penyakit ini kebanyakan cenderung menghindari olahraga sebaiknya ubah mindset itu sekarang. Nyatanya, semakin banyak berolahraga dan melakukan aktivitas oalahraga penderitaan yang diakibatkan asma justru semakin ringan. Alasannya, sebuah studi mengatakan, olahraga meningkatkan kesehatan jantung dapat mengurangi tingkat simtom asma. Semua jenis olahraga latihan kekuatan dan olahraga dalam ruangan dapat mengatasi asma. Namun, tetap pastikan untuk menghindari lingkungan atau zat-zat yang dapat memicu asma, seperti jamur, serbuk sari, polusi, atau udara dingin. Olahraga yang disarankan seperti basket dalam ruangan, zumba dalam ruangan, gym, dan yoga rumahan.

     Olahraga adalah pengobatan terbaik yang ada di dunia. Selain tidak merogoh kocek yang besar juga tidak memiliki efek samping yang serius. Olahraga memperpanjang usia, membuat awet muda, membantu menurunkan bobot badan, menjaga kesehatan jantung, dan memiliki manfaat lainnya yang dibilang sangat banyak. Orang-orang di zaman ini mungkin sangat suka dengan hal instan, termasuk dengan mengkonsumsi obat terus-menerus demi kesembuhan dengan penyakit tertentu. Namun, mnegkonsumsi obat-obatan tidaklah baik. Cobalah untuk tetap sehat dengan berolahraga tanpa harus menunggu tubuh terserang penyakit baru memulai olahraga. Olahraga memiliki jenis dam macam yang sangat banyak, hanya kita yang tinggal menyesuaikannya dengan kemampuan dan kapasitas tubuh masing-masing.

     Gangguan kecemasan, atau yang biasa disebut anxiety. Tidak main-main efek dari gangguan penyakit ini. Bisa menyebabkan si penderita menjadi depresi dan bahkan ada nekat menyakiti diri sendiri, juga nekat ingin melakukan bunuh diri. Olahraga dapat membantu tubuh melepaskan si hormon baik endorfin dan dapat menimbulkan suasana hati yang baik. Menurut penelitian, orang yang berolahraga cenderung tidak mengalami gangguan kecemasan dibanding mereka yang tidak berolahraga sama sekali. Olahraga yang disarankan seperti, berenang, jogging, lompat tali, dance, dan yoga rumahan.

     Olahraga memberikan atau mendorong aliran darah menuju otak sehingga mencegah gangguan jantung. Olahraga juga merangsang pertumbuhan dan adaptasi di otak, terutama pada area kontrol memori. Studi menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga mendapat skor lebih tinggi dalam dalam tes ingatan, perhatian, pembuatan keputusan, kerja ganda, dan perencanaan. Olahraga terbaik untuk mengatasi kepikunan atau masalah gangguan ingatan kognitif adalah segala macam olahraga yang baru belum pernah di lakukan. Semisal kita belum pernah mencoba olahraga aqua jogging, maka aqua ogging idsarankan untuk dicoba karena belum pernah melakukan olahraga tersebut. Kurang lebih seperti itu. Olahraga yang disarankan, adalah jenis olahraga yang belum pernah dilakukan sama sekali.

     Itulah beberapa contoh dari jenis penyakit, dan olahraga apa yang disarankan untuk dilakukan. Namun olahraga tetap dan selalu ada takarannya. Olahraga yang berlebihan juga tidak disarankan. Olahraga berlebihan uga bisa menyebabkan tensi naik. Karena bisa memiliki masalah yang timbul dari olahraga yang dilakukan, terlalu banyak olahraga juga bisa menyebabkan pusing dan kekurangan oksigen. Sebaiknya, olahraga tetap pada karannya dan tidak terlalu berlebihan. Olahraga sebaiknya tetap rutin dilakukan hanya saja dengan memiliki karan waktu seberapa lama, dan seberapa banyak dilakukan dalam seminggu atau sebulan. Penting untuk diingat, olahraga  sebaiknya tetap dilakukan sebagai bentuk pecegahan ada dan datangnya penyakit yang tak terduga yang disebabkan banyak hal.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x