APA ITU LATIHAN BIOFILIA ?

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Kira-kira apakah latihan biofilia itu? Apa kalian pernah tau sebelumnya? Aktivitas olahraga biasa cenderung dilakukan di lapangan yang luas dan lebar, atau mungkin di tempat tertutup seperti gym atau tempat latihan fitnes, atau berenang di kolam dan berenang di sungai. Banyak sekali aktivitas atau olahraga yang bisa dilakukan, namun hanya beberapa yang benar-benar akan kita lakukan. Ada beberapa olahraga atau aktivitas manusia yang bisa dibilang dengan istilah menyatu dengan alam. Mungkin kita sudah tau seperti apa itu menyatu dengan alam. Hubungan manusia dengan alam juga saling berkaitan, lalu apa hubunganya dengan latihan biofilia itu sendiri?

     Biofilia sendiri bisa diartikan sebagai kecenderungan atau bawaan manusia untuk berinteraksi langsung dengan alam. Pendapat lainnya yang di kemukan oleh ahli seperti Edward O. Wilson mengatakan bahwa hipotesis biofilia yaitu, bawakan lahir manusia memiliki kecenderungan yang sangat kuat untuk berhubungan dengan alam dan bentuk kehidupan lainnya. Nah itu arti dari biofilia itu sendiri, sedangkan latihan adalah sebuah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan. Jadi latihan biofilia bisa diartikan sebagai aktivitas atau kegiatan yang bisa membentuk hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Latihan ini juga bisa dikatakan dengan latihan alam, atau kata-kata lain yang bisa mendefinisikan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

     Jika kalian pernah melihat orang-orang atau organisasi yang melakukan kegitan yang dimaksudkan, itu termasuk latihan biofilia. Membangun hubungan antara manusia dan alam memang sangat penting. Karena kita hidup juga dari alam, sementara alam juga perlu terus di lestarikan dan di jaga. Begitu erat hubungan manusia dan alam. Termasuk olahraga atau aktivitas yang bisa membuat kita merasa menyatu dengan alam secara langsung, adalah salah satu usaha yang baik dan berdampak positif. Jika kalian pernah mendengar olahraga rekreasi, mungkin kalian akan mengerti secara langsung. Jadi olahraga rekreasi di alam juga termasuk bentuk usaha manusia membangun hubungan dengan alam. Olahraga yang dilakukan dengan kehendak sendiri, dan menimbulkan rasa senang termasuk olahraga rekreasi. Olahraga rekreasi juga di sebut sebagai olahraga sambil jalan-jalan.

     Latihan biofilia sendiri bisa dilakukan secara bersama-sama atau individual. Untuk latihan seperti kelompok atau organisasi pencaksilat misalnya, mereka mungkin bosan berlatih di lapangan yang biasa. Untuk mendapatkan sedikit suasana berbeda, dan lebih alami latihan pencaksilat bisa dilakukan diluar lapangan. Tentu ini kesepakatan bersama untuk berlatih bersama di alam terbuka. Selain lebih merasa rileks, walau lelah rasanya tentu akan berbeda dibanding dari biasanya. Ini termasuk kegiatan positif yang bisa di tiru dan di contoh. Kalau untuk individu bisa melakukan pendakian di pegunungan atau melakukan yoga di alam terbuka. Sensasi yang di rasakan cenderung sedikit berbeda saat melakukan kegiatan di alam terbuka daripada di dalam ruangan atau lapangan luas biasanya. Latihan biofilia ini seperti kegiatan yang kita lakukan biasanya, hanya saja tempatnya lebih cenderung ke alam terbuka. Namun tidak semua jenis olahraga, atau kegiatan yang cocok dilakukan di tempat seperti alam terbuka ini.

     Kegiatan yang kurang cocok dilakukan di alam terbuka misalnya, kegiatan mengoprasi seseorang atau medis. Selain itu olahraga atau kegitan balet, tari balet, dan lain sebagainya. Untuk membangun hubungan antara manusia dan alam ini kegiatan aktivitas olahraga akan lebih cocok. Karena saat berolahraga di alam terbuka, kita juga tahu keadaan seperti apa yang ada di sekitar kita. Apakah alam kita baik-baik saja, atau sedang tidak baik-baik saja. Olahraga sambil menyatu dengan alam akan sangat di gemari apabila banyak di adakan oleh sekolah-sekolah atau universitas. Hanya saja untuk melakukan kegitan pendekatan dengan alam apalagi dengan kelompok tentu akan membutuhkan biaya, inilah yang menjadi penghalang.

     Mungkin kegiatan seperti ini lebih banyak di adakan oleh organisasi dalam universitas atau sekolah, ketimbang sekolah atau universitasnya langsung. Padahal banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan saat siswa-siswi di berikan kesempatan seperti ini. Kegiatan seperti ini bisa membuat seseorang belajar bekerja sama, menghargai satu sama lain, mengetahui alam sekitarnya, dan dampak positif lainnya. Selain itu latihan biofilia sendiri belum banyak di kenal, karena anak-anak di zaman sekarang ini lebih banyak bergaul dan bermain gadget. Latihan biofilia, latihan yang bisa membangun hubungan antara manusia dan alam, juga bisa menjadi sarana tempat belajar mengenal alam lebih dalam secara seksama. Sangat menyenangkan lagi, bila melakukannya dengan keluarga secara bersama-sama ketimbang liburan biasa di tempat wahana permainan yang membahayakan. Menyatu dengan alam bukan berarti kita harus menjadi orang hutan seperti Tarzan, menyatu dengan alam adalah bagaimana kita bisa membentuk hubungan baik antara alam dan manusia.

 


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x