OLAHRAGA YANG AMAN SAAT PANDEMI

Diposting oleh Genetix Fitness pada

    

Pandemi seperti covid-19 memang sangat meresahkan para warga negara Indonesia, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tetap menjalani pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan saat pandemi terjadi. Hanya karena terjadinya covid-19 berolahraga pun jadi malas, itu adalah anggapan yang salah. Seharunya kita malah akan lebih banyak bergerak, agar tubuh kita tetap terus bugar dan bukan malah bermalas-malasan. Ubah mindset pada saat pandemi untuk berdiam diri dan tak melakukan apa-apa, menjadi tetap bergerak dan aktif walau pandemi sedang terjadi. Tidak ada gunanya juga, apabila malas bergerak saat pandemi, itu malah menyebabkan timbulnya penyakit lain dan menyebabkan over weight.

     Kamu bisa berolahraga dirumah dan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Sama seperti halnya work from home, kamu juga bisa sport from home. Tidak ada kata berhenti bergerak dan malas bergerak walau hanya bisa dirumah saja. Orang yang malas berolahraga malah akan menambah penyakit lain yang akan timbul nantinya. Bahkan olahraga sendiri sudah menjadi kebutuhan jasmani dan rohani agar tetap memiliki mental dan kesehatan yang seimbang, yang bisa dimiliki manusia. Perlu untuk tetap menjaga kesehatan dengan olahraga, namun perlu juga untuk tetap menjaga kewarasan dan mental kita dengan olahraga. Karena olahraga sendiri memiliki efek samping positif yang membuat rileks dan memperbaiki mood.

     Saat pandemi memang hanya banyak menghabiskan waktu dirumah saja, tidak seperti biasanya. Biasanya mungkin kita di hari libur menghabiskan waktu berlibur ke luar negeri atau ke provinsi lain. Namun pandemi menjadi penghalang untuk berlibur kesana dan kemari. Tidak ada salahnya kamu juga bisa berolahraga di luar rumah seperti jogging, tetapi harus menggunakan masker dan menggunakan handsinitizer, dan tetap menuruti protokol kesehatan yang sudah di tetapkan masing-masing tempat dan daerah. Berlari juga menjadi olahraga yang bisa melepaskan stress, dan menguatkan otot-otot kaki. Lari juga bisa menurunkan berat badan, tidak salah jika hanya sesekali berlari di luar rumah saat pandemi.

     Olahraga lain seperti lompat tali di rumah juga bisa dilakukan. Olahraga seperti lompat tali bahkan lebih cepat dan efektif membakar lemak tubuh. Selain itu lompat tali tidak terlalu sulit untuk dilakukan, mungkin jika seseorang memiiki berat badan berlebih akan mengalami sedikit kesulitan dalam melakukannya atau merasa sedikit sesak. Lompat tali banyak di gemari anak-anak remaja yang sedang program diet sehat. Faktanya memang benar, lompat tali jauh lebih efektif ketimbang lari untuk program menurunkan berat badan. Kembali ke topik, lompat tali juga bisa menjadi olahraga pilihan yang bisa dilakukan saat pandemi covid-19.

     Selain lompat tali, kamu juga bisa melakukan olahraga seperti zumba atau senam aerobik di rumah. Senam aerobik atau zumba ternyata bisa menyenangkan juga untuk dilakukan meski hanya di dalam rumah dan bukan di tempat khusus zumba atau lapangan luas untuk melakukan senam aerobik. Selain menyehatkan tubuh, jantung juga sehat. Bahkan diketahui bahwa senam aerobik bisa membuat seseorang lebih merasa bahagia karena banyak gerakan dan variasi gerakan yang asyik saat melakukannya. Senam aerobik juga bisa dilakukan bersama keluarga di rumah, ini juga akan membangun hubungan lebih erat kepada keluarga di rumah meski tidak sedang berlibur ke luar negeri.

     Senam aerobik bisa dilakukan di rumah karena hanya memerlukan media suara seperti radio atau you tube untuk musik dan nada yang akan di gunakan nantinya saat melakukan aerobik atau zumba. Karena saat aerobik kita akan banyak bergerak, maka secara otomatis otot-otot yang jarang di gunakan saat bergerak akan menjadi lebih berkembang dan membuat otot menjadi lebih kuat. Aerobik akan lebih efektif bila dilakukan dengan durasi selama 20-30 menit dalam sehari, karena gerakannya cenderung lebih cepat mirip seperti zumba, daripada senam biasanya. Oleh karena itu aerobik dan zumba termasuk olahraga yang aman dilakukan saat pandemi.

     Selain olahraga yang di sebutkan di atas, ada beberapa lagi olahraga yang mungkin menarik bagi kamu pribadi, namun tetap bisa di lakukan di rumah. Selain berolahraga, sebaiknya tetap menjaga asupan nutrisi dan vitamin karena pandemi yang di sebabkan virus covid-19 akan lebih mudah menyerang tubuh yang kurang vitamin dan malas bergerak. Tetap jaga pola makan dan tetap bergerak juga cukupi kebutuhan mineral dan banyak minum air putih. Belakangan setelah covid masa new normal, diketahui bersepeda juga banyak dilakukan oleh orang-orang untuk mengurangi rasa jenuh di rumah dan mencari suasana olahraga baru. Tetap di ingat, harus selalu menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang-orang sekitar, dan mematuhi protokol kesehatan.


Bagikan posting ini



← Posting Lama

x

x
x