Aktivitas Atau Olahraga Yang Cocok Menurut MBTI

Diposting oleh Genetix Fitness pada

     MBTI adalah singkatan dari Myers Briggs Types Indicator. MBTI sendiri adalah sebuah tes dimana, tes ini dibuat untuk mengukur preferensi dasar psikologis seseorang dalam melihat gambaran dan apa yang ada di dunia ini, hingga bagaimana seseorang itu mengambil keputusan. MBTI sendiri terbagi menjadi beberapa tipe kepribadian. Tentu setiap tipe kepribadian yang sudah mengikuti tes  juga berbeda-beda, mulai dari hobi, pekerjaan, aktivitas, hingga olahraga juga bisa di analisa dari hasil tes seseorang yang mengikuti tes MBTI tersebut. Namun perlu diketahui, tidak selalu hasil dari tes kepribadian ini selalu benar, kurang lebih akan mendekati yang seharusnya. 

     Untuk tipe MBTI  yang pertama yaitu, INFJ. Seseorang dengan kepribadian yang lebih suka menutup diri akan disarankan memiliki aktivitas yang tidak terlalu berat, sedangkan olahraga yang cocok dan bisa sebagai refrensi ada olahraga yoga, tai-chi, dan renang. Salah satu aktivitas yang banyak para INFJ lakukan memang cenderung lebih suka membaca, hingga menulis jurnal dan artikel bahkan asyik dengan dunianya sendiri. Perlu diingat, memang baik buat para INFJ berada di zona nyaman, hanya saja sebagai saran sesekali coba untuk melakukan aktivitas yang berbeda seperti menyelam dan berenang. Mencoba hal baru yang posistif, bukanlah sebuah dosa.

     Tipe kepribadian selanjutnya seperti ESTJ yaitu cukup teliti dan sangat tertib, cenderung memiliki perilaku jujur dan tidak suka bertele-tele. Tipe ini akan sangat disarankan memiliki aktivitas yang cenderung sedikit berbeda, atau anti mainstream. Untuk olahraga, akan lebih cocok dengan olahraga yang membutuhkan fokus yang tinggi seperti panahan, sepak bola, karate, hingga olahraga ski. Selain ini akan menjadi pengalaman baru, hal ini cukup menantang dan boleh saja di coba. Tidak semua yang disarankan harus kamu coba, kamu bisa memilih satu diantaranya. Pengalaman seperti hal baru, mungkin akan terus membekas diingatan seseorang. Hal baru, dan baru pertama kali di rasakan lebih berkesan daripada biasanya.

     Selanjutnya kepribadian tipe ISFP, dimana kepribadian ini memiliki sikap individualis yang sangat tinggi, selalu mengandalkan diri sendiri, dan sangat mandiri. Kepribadian ini cukup unik, mereka di sarankan memiliki aktivitas yang membuat dirinya semakin terpacu untuk menjadi lebih baik dari yang lain. Untuk olahraga atau aktivitas mungkin seperti panjat tebing, mendaki gunung, bermain basket, hingga melakukan kano secara mandiri. Mereka dengan kepribadian ini, biasanya sealalu termotivasi dengan apa yang mereka lihat secara langsung, dan mempelajari banyak hal dari apa yang mereka lihat secara langsung. Sikap individualis ini memang kurang dibenarkan, tetapi bila sikap ini di perlihatkan pada waktu yang tepat mungkin akan sangat menguntungkan.

     Tipe kepribadian selanjutnya yaitu, INTJ. Kepribadian ini memiliki kecerdasan di atas rata-rata, tingkat intelektualnya cukup tinggi. Aktivitas yang disarankan untuk orang seperti ini bisa mencoba hal yang sama sekali belum pernah dilakukan, seperti bunge jumping. Untuk olahraga bisa mencoba jogging, catur, hingga olahraga voli. Catur cukup membutuhkan peran otak yang sangat tinggi dalam pola berpikir cepat, hampir sama seperti menyusun rubik warna-warni. Untuk olahraga seperti voli mereka akan cukup banyak berpikir bagaimana strategi yang tepat untuk menang melawan tim yang menjadi rival mereka. Dengan bermain voli juga bisa melatih mereka membaca situasi yang sedang terjadi. 

     ENTJ, kepribadian ini memiliki sikap seperti pemimpin, sangat energetik, berkharisma tinggi, dan percaya diri yang tinggi. Aktivitas yang cocok dan bisa disarankan seperti, memimpin dalam sebuah tim di acara-acara formal ataupun santai, sebagai penggerak dari sebuah tim yang ia buat. Untuk olahraga, bisa mencoba senam dengan irama, bermain golf, tenis lapangan, dan bersepeda. Orang dengan kepribadian seperti ini biasanya cukup menyenangkan bila berteman, mereka juga memiliki sikap yang ramah biasanya. Orang-orang dengan kepribadian ini juga biasanya memiliki vibes positif, memiliki pemimpin yang ramah dan percaya akan timnya adalah keseimbangan yang sempurna dalam sebuah tim. Biasanya, mereka cenderung ditemukan pada saat waktu-waktu yang tepat.

     Terlepas kepribadian kita apa, aktivitas dan olahraga memang saling berkaitan sebenarnya. Kepribadian sebenarnya ada sebanyak 16 macam menurut MBTI, hanya saja saya mengambil beberapa diantaranya. Perlu diingat, aktivitas dan olahraga yang di sarankan juga mungkin akan berbeda lagi menurut pendapat dan analisa orang lain. Mau apapun tipe kepribadian kita, kita harus selalu melakukan maksimal satu aktivitas dalam satu hari, karena jika hanya tidur ataupun berdiam diri itu hanya akan menimbulkan penyakit dan menumpuk lemak. Peran olahraga juga tak kalah penting, selain beraktivitas sempatkanlah selama 30 menit untuk olahraga maksimal sebanyak 3 kali dalam seminggu. Akan lebih baik lagi berolahraga setiap hari.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x