Waktu Ideal Melakukan Olahraga Saat Puasa

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Disaat bulan puasa seperti saat ini banyak juga orang yang menghentikan olahraga maupun latihannya karena takut puasanya batal akibat kelelahan. Padahal itu seharusnya tidak terjadi karena kita bisa mengatur waktu kapan ingin melakukan latihan. Meskipun ini mungkin bulan yang melelahkan bagi umat Islam, ahli gizi yang berbasis di Ontario, Anar Allidina mengatakan penting bagi mereka untuk menyediakan waktu untuk berolahraga. Saat kita melakukan latihan saat puasa, ada baiknya kita melakukan latihan yang tidak mengkonsumsi waktu lama karena kita akan menjadi lebih mudah lelah dan hormon kortisol kita pun meningkat.

Kapan harus berolahraga? Waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah tepat sebelum matahari terbenam, menurut Allidina. “Kamu bisa lebih memaksakan diri karena tahu kamu akan segera berbuka puasa.”

Jika jadwal terlalu sibuk, dia menyarankan untuk berolahraga sekitar dua jam setelah makan. Pada saat itu, anda akan mencerna sebagian makanan dan memiliki lebih banyak energi. Dikarenakan sudah makan dan mengisi tubuh dengan energi, Anda bisa melakukan olahraga apapun yang Anda inginkan. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir untuk menambah asupan makanan, baik sebelum maupun sesudah latihan. Mulai dari olahraga intensitas ringan sampai berat, termasuk latihan kekuatan yang membantu meningkatkan massa otot. Jika Anda hendak salat tarawih berjamaah di masjid, Anda bisa menyisipkan latihan ringan selama 5 sampai 10 menit.

Allidina mengatakan waktu terburuk untuk pergi ke gym adalah saat tengah hari, karena mereka yang berpuasa akan menguras tenaga dan tidak dapat mengisi bahan bakar. Namun, jika hanya itu waktu mereka senggang, dia menyarankan untuk berolahraga hanya selama 20 hingga 30 menit, dan melakukan olahraga dengan intensitas rendah. Dikutip dari Journal of Sports Science, Anda perlu mengatur asupan makanan saat berolahraga selama berpuasa Ramadan. Perbanyak konsumsi karbohidrat dan protein untuk menyediakan cukup energi, selain itu lebih banyak minum air pada malam hari untuk mencegah dehidrasi.

Olahraga saat perut kosong dan haus dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Kondisi ini bisa membuat Anda merasa sangat kelelahan, lemas, pusing, sampai menyebabkan dehidrasi. Dalam kondisi yang lebih parah, berolahraga bahkan bisa menyebabkan kerusakan otot dan dapat meningkatkan hormon stres kortisol dalam tubuh. Untuk mencegah dampak buruk tersebut, Anda harus pintar-pintar mencari waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadan. Memilih waktu yang tepat untuk olahraga di bulan Ramadan sebenarnya tergantung pada diri Anda sendiri. Selama Anda tidak merasa lemas dan pusing setelah melakukannya, hal ini tidak menjadi masalah. Saat kita melakukan puasa, ada kemungkinan kita mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga tenaga yang dihasilkan tidak semaksimal hari-hari biasa. Latihan beban sangat dianjurkan dalam menjalankan puasa dikarenakan kita akan mempertahankan massa otot dan juga menghilangkan rasa stress dalam diri kita ketimbang cardio. Bila anda masih dalam menjalankan diet puasa namun ingin melakukan gerakan multifungsional yang intensif, anda bisa dapatkan alat olahraga di toko jual alat fitness bernama GENETIX

Baca Juga: 

1. TETAP BUGAR SELAMA LIBURAN

2. KENAPA KULI PANGGUL KURUS TAPI KUAT?


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x