Seperti Apa Olahraga Kayak dan Kano?

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Olahraga kayak dan kano adalah olahraga rekreasi yang bisa dilakukan pada area perairan. Olahraga kayak dan kano ini adalah dua jenis olahraga yang berbeda. Kesamaan dari olahraga ini terletak pada alat yang digunakan hampir mirip, dan sama-sama digunakan di area perairan. Olahraga ini mungkin lebih banyak dikenal di daerah yang memiliki banyak area perairan, ketimbang daerah daratan. Olahraga kayak juga memiliki sejarahnya tersendiri. Bermula dari orang-orang di negara Siberia yang membuat perahu dari kerangka kayu terbuka yang diikat bersama-sama dengan tali atau tali tanaman, dan di tutup dengan kulit anjing laut yang dijahit menyatu. 

     Alat yang digunakan pada olahraga kayak cukup sederhana, dengan alat pengayuh dan perahu kecil. Semakin berkembangnya zaman, dan semakin maju bahan pembuatan kayak pun berubah. Pada awal kayak ditemukan masih berupa perahu berbahan kayu, sedangkan sekarang bahan yang digunakan lebih kokoh dan anti lapuk tidak seperti kayu pada sebelumnya. Saat ini kayak yang sudah dikenalkan kepada masyrakat berbahan fiberrglass, atau plastik. Olahraga ini termasuk olahraga ekstrim. Untuk bermain olahraga kayak ini, diperlukan pengetahuan khusus dan dasar tentang olahraga kayak. Tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, dan mudah panik. 

     Alasan mengapa olahraga kayak ini tidak dianjurkan pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dan mudah panik, karena saat bermain dengan olahraga ini mungkin, ada tantangan ekstrim tersendiri. Maksudnya, saat berada di air, tentu tidak sama keseimbangan di darat dan di air. Permainan olahraga kayak ini juga harus seseorang yang memiliki tenaga kuat untuk mendayung, dan memiliki basic ahli renang, agar saat kemungkinan terjatuh tetap bisa berenang ke permukaan. Bermain kayak lebih sering dilakukan di sungai dan pantai. Sungai untuk bermain kayak juga harus dipastikan terlebih dahulu, apakah memiliki banyak batu terjal atau memiliki kedalaman yang cukup dalam. Tidak bisa sembarangan dalam hal ini.  

     Olahraga kayak hampir sama seperti olahraga kano, tetapi kano ini lebih santai dan tidak terlalu memerlukan tenaga esktra seperti kayak. Kayak cenderung banyak dilakukan di sungai yang memiliki banyak bebatuan, berbeda dengan kano lebih santai dan banyak di lakukan pada permukaan air yang tenang dan tidak memiliki banyak batu di area tersebut. Ini juga menjadi alasan, bahwa yang bermain kayak cenderung orang-orang yang memiliki nyali besar dan mental cukup berani. Jika kayak cenderung dilakukan di sungai yang memiliki arus deras dan memiliki banyak bebatuan, sedangkan kano bisa di pantai tenang dan arus sungai yang tenang. Olahraga kano sendiri bisa menjadi pilihan olahraga untuk healing atau liburan.

     Lalu untuk olahraga kano sendiri, bisa dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Kano ini hampir sama dengan kayak seperti yang sudah dijelaskan tadi, menggunakan alat dayung, perahu kecil, helm kepala, pelampung badan. Ada perbedaan lagi yang ditemukan terhadap perahu antara kayak dan kano. Perbedaan ini terletak pada desain perahunya, kano perahunya memiliki dek terbuka, sedangkan kayak deknya tertutup. Kano yang memiliki dek terbuka dapat bergerak lebih bebas, sedangkan kayak sebaliknya. Lalu setelah bentuk perahu yang sedikit berbeda, ada perbedaan lain lagi yang terletak pada alat dayung untuk bergerak. Alat dayung kano memiliki bilah tunggal, alat dayung pada kayak memiliki bilah ganda.

     Olahraga kayak dan kano juga memiliki manfaat seperti bisa membakar lemak pada tubuh, dan melatih otot tangan lebih kokoh. Olahraga kayak dan kano termasuk olahraga yang bisa di coba dan dinikmati masing-masing orang. Tetap perlu di ingat, untuk olahraga kayak yang ekstrim perlu memiliki pengetahuan tentang olahraga kayak dahulu sebelum mulai mencoba olahraga kayak. Untuk olahraga kano mungkin cukup menarik, bisa saja sambil bermain kano sekaligus menyusuri pantai yang indah, terlebih saat menikmati keseruan ini pada hari libur sebagai healing. Biasanya tempat-tempat yang menyediakan alat untuk bermain kano lebih sering terdapat pada pantai liburan yang khas, atau pinggiran laut yang biasa sebagai tempat pariwisata.

     Untuk olahraga yang satu ini mungkin kurang popupler di daerah yang lebih banyak daratannya. Bahkan negara seperti Thailand untuk daerah mereka yang memiliki banyak kawasan perairan lebih sering menggunakan perahu seperti kayak dan kano. Tidak hanya seru jika bermain olahraga kano, ini juga bisa menjadi media yang membuat seseorang lebih mencintai alam sekitarnya, dan mengetahui seperti apa alam lebih dekat. Olahraga tidak hanya berlari dan berenang, ini adalah olahraga yang termasuk jenis olahraga dayung. Bahkan olahraga kayak dan kano sudah ikut di lombakan pada olimpiade. Tertarik mencoba olahraga ini ?


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x