Menyikapi Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Fitness

Diposting oleh Genetix Fitness pada


     Seseorang tidak pernah luput dari kesalahan, begitu juga dengan kita. Tidak ada manusia yang selalu benar. Ada beberapa kesalahan yang dilakukan saat sedang melakukan fitness, lalu bagaimana menyikapinya? Simak artikel ini lebih lanjut agar kamu tahu, seperti apa kesalahan yang dimaksud dan cara menyikapinya. Untuk aktifitas olahraga seperti fitness ini memang ada gerakan atau cara melakukan fitness yang salah, namun bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Kesalahan umum yang sering dilakukan saat fitness biasa tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu, dan langsung menggunakan alat fitness berat dengan gerakan pembuka untuk awalan fitness.

     Menyikapi suatu kesalahan saat fitness merupakan salah satu langkah mencegah terjadinya cedera loh. Tentu kita tidak ingin tubuh yang kita latih dengan fitness malah menjadi cedera, oleh karena itu kesalah pertama saat fitness adalah tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Warming-up atau pemanasan memang harus dilakukan terlebih dahulu untuk mengawali jenis oalahraga apapun itu, karena pemanasan sendiri bertujuan untuk meningkatkan aliran darah ke otot. Suhu otot yang lebih tinggi dari biasanya akan membuat otot jadi lebih lentur. Pemanasan yang kita lakukan juga bisa membantu menghiundari risiko kram pada otot, risiko otot robek, dan terkilir.

     Kesalahan selanjutnya, seseorang yang ketergantungan dengan alat fitness mesin dan tidak mau sama sekali menyentuh alat fitness manual. Mengapa ini termasuk kesalahan? Tentu saja ini tidak dibenarkan, semua alat fitness yang dibuat pasti memiliki fungsinya masing-masing. Alat fitness mesin ataupun manual harus digunakan secara baik dan benar, dengan ketergantungan alat fitness mesin juga akan membuat seseorang tidak mengetahui banyak hal dari alat fitness manual dan fungsinya. Dengan kita melakukan fitnes menggunakan alat fitness  mesin dan manual, maka fitness yang dilakukan pun tidak sia-sia. Melakukan fitness dengan alat manual juga akan lebih membuat kita bisa melihat kemampuan, dan mengukur kemampuan diri kita secara mandiri. Bagaimana menurut kamu?

     Kesalahan ketiga saat fitness adalah tidak peduli terhadap batas kemampuan diri sendiri. Sebagai seseorang yang sudah dewasa, mengetahui batas kemampuan kita itu perlu, agar nantinya diri kita sendiri tidak kesulitan. Misalnya, saat kita tau kita sudah berusaha semaksimal mungkin dalam satu hari untuk berolahraga, namun sudah terlalu lelah untuk melakukan set latihan fitness lagi dan memaksakannya, ini akan berujung buruk. Efek yang ditimbulkan bisa membuat diri tidak fokus karena terlalu lelah, dan bisa membuat stress. Jangan lupakan tujuan kamu fitness, fitness dilakukan untuk menghindari stress salah satunya, bukan malah sebaliknya ya. Kamu bisa memulai dari sekarang mengetahui batas kemampuan diri kamu.

     Selain kesalahan diatas, kesalahan saat fitness yang lain salah satunya yaitu kurang istirahat. Benar, kurang istirahat yang dimaksud adalah saat sudah melakukan set fitness dalam beberapa menit sebaiknya diberi jeda sementara waktu. Dalam waktu jeda ini bisa digunakan sebagai istirahat sementara, untuk memulihkan tenaga dalam beberapa menit. Saat sudah melakukan fitness sebanyak dalam waktu 30 menit, maka dibutuhkan setidaknya istirahat selama 10 menit. Dalam waktu 10 menit ini bisa kamu gunakan untuk minum air mineral, atau meluruskan kaki sejenak. Stelah itu kamu bisa melanjutkan set latihan fitness lagi. Apabila ingin mengakhiri waktu fitness, kamu bisa melakukan gerakan penutup atau pendinginan ya.

     Kesalahan terakhir saat fitness adalah tidak memakan-makanan apapun sebelum berolahraga. Ini termasuk kesalahan juga, bagaiamana bisa kita mendapat tenaga dan sumber kekuatan otot jika tidak mengkonsumsi apapun? Sebaiknya, sebelum memulai beberapa set latihan fitness ataupun olahraga makanlah secukupnya, karena itu akan menjadi bahan bakar energi yang akan digunakan nantinya. Ada banyak makanan sumber energi untuk tubuh yang baik dikonsumsi sebelum olahraga. Makanan seperti roti gandum, telur rebus, buah pisang, oat, dan makanan sehat yang rendah lemak bisa dikonsumsi sebelum memulai set olahraga fitness ya. Makanan tidak harus selalu ayam goreng, mi goreng, dan sumber karbohidrat lemak jahat lainnya. Ada banyak sekali makanan sehat dan mendukung aktivitas tubuh sebelum berolahraga.

     Bagaimana? Sudahkah kamu mengetahui beberapa kesalahan saat melakukan fitness dan cara menyikapinya? Memang tampak sepele, namun berdampak besar bila mengabaikannya. Gaya hidup seseorang memang berbeda-beda, namun semua orang pasti ingin sehat. Dengan melakukan olahraga seperti fitness tidak hanya tubuh yang menjadi sehat, jiwa kita secara alam bawah sadar pun akan ikut sehat. Oleh karena itu, hal sekecil apapun yang kita lihat, meski seujung jari ada baiknya memperhatikan dan memperbaikinya. Hal ini bisa berdampak lebih baik dikehidupan yang akan datang nantinya. Selamat mencoba beberapa saran dan cara menyikapi kesalahan seperti yang dijelaskan di atas ya 


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x