Apa itu Asam Amino dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Selain disiplin berlatih, mengonsumsi makanan kaya kandungan asam amino juga termasuk hal yang harus dilakukan. Asam amino adalah senyawa yang penting bagi kesehatan tubuh, karena membantu membentuk protein di dalam tubuh. Asam amino ini terdiri dari ikatan oksigen, hidrogen, nitrogen, dan karbon. Tubuh setidaknya membutuhkan beberapa jenis asam amino dan asam amino harus didapatkan dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Beberapa jenis asam amino seperti leusin, valin, isoleusin, triptofan, lysine, dan threonine penting bagi tubuh agar bisa meningkatkan hormon pertumbuhan dan memperkuat fisik tubuh. Makanan yang mengandung asam amino adalah daging, telur, produk olahan susu, dan tahu. Berikut beberapa manfaat asam amino jika dikonsumsi dengan seimbang bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Pertumbuhan dan Perbaikan Jaringan Otot

Asam amino yang kita konsumsi dengan seimbang akan membantu tubuh untuk meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot. Dalam hal ini asam amino yang berperan adalah asam amino valin, leusin, dan isoleusin. Jika otot kita kuat tentu kita akan aktif beraktivitas tanpa terganggu. Kesehatan kita pun meningkat dan kita bisa bertumbuh lebih cepat.

2. Meningkatkan Fungsi Otak dan Kecerdasan

Asam amino selain baik untuk otot juga baik untuk meningkatkan fungsi otak untuk berpikir dan menyelesaikan masalah. Kinerja otak sangat bergantung pada nutrisi-nutrisi yang diterima oleh sel otak, salah satunya asam amino. Sel-sel otak dan saraf pun bisa bekerja lebih optimal untuk meningkatkan kendali tubuh agar lebih sehat dengan kemampuan memahami, konsentrai, dan memproses informasi yang kita terima.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Imunitas tubuh yang rendah menyebabkan kita terserang oleh penyakit dan menyebabkan pertumbuhan kita tergangu. Dengan mengonsumsi asam amino, akan memperkuat imunitas tubuh kita sehingga kita tidak mudah sakit. Hampir semua jenis asam amino akan menghasilkan antibodi yang meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Membantu Penyerapan Kalsium

Salah satu jenis asam amino yaitu lisin dapat membantu kita untuk menyerap kalsium untuk kesehatan tubuh. Kalsium kita butuhkan untuk memperkuat tulang dan gigi, serta melancarkan aliran darah dan menstabilkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, kita mempunyai tulang dan gigi yang kuat serta kesehatan jantung lebih terjaga karena kolesterol dapat dikendalikan.

5. Mengurangi Gejala Alergi

Jika teman-teman mudah merasakan alergi, bisa diatasi dengan asupan asam amino yang seimbang. Asam amino diketahui dapat membantu mengatasi dan mengurangi gejala alergi yang dirasakan. Protein biasanya bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang dan perlu dipecah menjadi asam amino agar mudah diserap tubuh dan tidak menyebabkan alergi.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x