EFEKTIF TURUNKAN BERAT BADAN DENGAN OLAHRAGA RENANG

Diposting oleh Genetix Fitness pada


16 Manfaat Renang bagi Tubuh, Termasuk Meningkatkan Kualitas Tidur dan  Melancarkan Pernapasan | Orami
Berenang merupakan aktivitas yang melibatkan semua otot tubuh, termasuk otot tubuh bagian atas, otot inti,dan otot punggung. Karena otot membutuhkan energi. Jadi, ada banyak kalori yang di bakar oleh tubuh untuk menyediakan energi saat berenang. Penggunaan otot saat berenang juga dapat melatih otot lebih kuat dan meningkatkan massa otot. Hal ini dapat membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih banyak walaupun sedang tidak berenang.
Beberapa orang tidak menyadari bahwa mengeluarkan banyak usaha saat berenang dan tidak cepat merasa lelah. Faktanya, berenang membuat tubuh bergerak lebih lebih banyak sehingga lebih efektif dalam penurunan berat badan. Karena air mempunyai daya apung, maka tidak akan merasa berat saat bergerak di dalamnya. Pada dasarnya, air dapat menahan gravitasi sehingga berat tubuh terasa lebih ringan dan lebih mudah bergerak tanpa usaha yang terlalu membebani.
Berenang juga memiliki resiko cedera yang sangat rendah. Karena bisa berenang setiap hari tanpa harus khawatir akan cedera. Ini yang membuat olahraga renang menjadi sangat unggu daripada olahraga penurun berat badan yang lain.
Juga ternyata gaya renang mempengaruhi kalori yang di bakar saat berenang. Pembakaran kalori renang tergantung dari gaya yang dilakukakn,jarak dan kecepatan. Semakin jauh dan lama waktu yang di habiskan untuk berenang,semakin besar pula pembakaran kalori yang di kelola oleh tubuh. Begitu pula dengan gaya renang, semakin cepat berenang dengan teknik yang benar, maka bisa lebih efektif menurunkan berat badan.
Berenang gaya katak membuat otot-otot tubuh atas dan bawah dan atas sama aktifnya. Saat renang gaya katak di lakukan maka saat melakukan tarikan tangan gaya ini ke depan dada sepenuh tenaga, menggerakkan otot pectorallis, yakni otot yang berada pada bagian dada.
Secara bergantian dengan tangan, kaki gaya dada pun di gerakkan. Otot bagian bawah yakni kaki,bokong,paha akan terlibat dalam gerakan gaya dada. Melakukan gerakan ini selama 10 menit bisa membakar hingga sebanyak 60 kalori.

Renang gaya punggung , merupakan salah satu gaya berenang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Gaya punggung ini dapat membakar 80 kalori dalam 10 menit. Renang gaya punggung melatih otot inti untuk menahan keseimbangan badan di permukaan air dan membuat otot bisep pada lengan bergerak paling dominan. Otot-otot yang terlatih antara lain otot pantat,otot paha hingga hamstring (3 jenis otot yang berada di sepanjang bagian belakang paha, di bawah panggul sampai ke area bawah.

Renang gaya bebas, bisa membakar banyak kalori hingga membantu menurunkan berat badan. Kalori yang dapat dibakar melalui gaya bebas ini sekitar 100 kalori tiap 10 menitnya. Cara kerja renang gaya bebas mirip dengan gaya punggung. Bedanya, Anda tidak telentang, melainkan terungkap. Gerakan ini akan melatih otot punggung atas, bahu, dada,dan otot lain di sekitarnya. Gaya bebas memerlukan rotasi dari bahu hingga tangan. Tangan perlu diayun ke depan seauh mungkin agar bisa kembali menarik air sekuat tenaga. Bagian kaki, otot pinggul, otot pantat, otot paha bergerak aktif membuat lau renang Anda semakin cepat melesat.
Selain dari berenang yang rutin di lakukan untuk menurun kan berat badan juga ada beberapa tips seperti mengkonsumi buah-buahan yang sehat dan segar juga mengkonsumsi asupan nutrisi yang rendah kadar lemak namun tinggi serat dan kalori.

Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x