PIJAT REFLEKSI YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN & KEBUGARAN

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Sport Massage - M-T-N

Penellitian dalam Journal of Strength and Conditioning Research tahun 2015, menjukkan bahwa pijat setelah olahraga yang di lakukan selama kurang 15 menit dapat meningkatkan kekuatan otot. Pijatan tersebut sebenarnya merangsang serat-serat otot untuk segera memperbaiki diri hingga akhirnya dapat di gunakan kembali.
Juga di lansir dalam laman Science Daily, oleh Prof.Tschakovsky dari Queen University menemukan bahwa piatan stelah olahraga dapat membantu menghilangkan asam laktat yang biasanya menyebabkan rasa pegal-pegal dan meningkatkan aliran darah ke otot sehingga sel-sel di dalamnya mendapatkan makanan yang cukup.
Sebaiknya pijatan di lakukan oleh seseorang yang ahli yang sudah terlatih, bukan sembarang tukang pijat. Apalagi pijatan yang tergolong untuk refleksi olahraga. Lakukan piatan yang mendalam untuk melepaskan ketegangan otot. Pijatan setelah olahraga ini fokus pada lapisan otot terdalam, tendon dan fasia (lapisan pelindung yang mengelilingi otot, tulang, dan sendi) semuanya harus tersentuh. Contoh jenis pijatan Shiatsu,Thai, Chinese, myoficial release, active release.

Pijatan sebelum dan sesudah olahraga juga memiliki ciri khas nya masing-masing. Kalau pijatan sebelum olahraga berfokus untuk produksi endorfin agar lebih termotivasi saat latihan dan untuk menenangkan, sedangkan pijatan setelah olahraga berfokus pada pelepasan ketegangan otot. Untuk jenis pijatan bagi masing-masing nya juga memiliki variasi cara pemijatannya.
Pijat refleksi ini sangat cocok bagi seseorang yang ingin di pijat, namun cenderung sensitif atau gampang kegelian saat bagian tubuh tertentu disentuh orang lain. Pijat refleksi ini lebih terfokus pada kaki dan tangan saja tidak sampai seluruh tubuh. Kaki tangan adalah dua bagian tubuh yang memiliki titik-titik akupresur yang terhubung dengan organ atau bagian tubuh lainnya. Dengan menekan satu titik saja pada kaki atau tangan, sistem saraf akan memproduksi hormon endorfin alias hormon kebahagiaan. Alhasil akan merasa lebih rileks sekaligus tak lagi merasa sakit pada tubuh.
Pijat refleksi sendiri juga memiliki manfaat yang mungkin baru di ketahui, selain bisa membuat atau memberikan rasa tenang, tititk-titik refleksi pada kaki memiliki beberapa kondisi yang di percaya bisa diatasi dengan pijat refleksi kaki.
Salah satu manfaat dari pijat refleksi dan berhubungan dengan badan yang bugar adalah pijat ini dapat memebuat tidur lebih nyenyak. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, bisa memijat titik akupuntur kaki pada kedua jempol kaki.
Area benjolan di bagian samping jempol, di percaya berhubungan dengan kelenjar pineal. Kelenjar ini mengatur produksi hormon melantonin yang merupakan hormon tidur

Selain pijat refleksi ada juga yang di sebut dengan pijat olahraga atau massage sports, biasa di lakukan ketika mengalami cedera setelah olahraga. Pijat olahraga cocok untuk seseorang yang sering merasakan cedera otot saat olahraga. Ya, jenis pijat ini tentu saja dapat membantu mengatasi cedera berulang dan mempercepat proses pemulihannya.

Ternyata pijat olahraga juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan fleksibilitas dan daya tahan tubuh saat olahraga. Rasa nyaman yang di berikan akan membuat terhindar dari stress,kecemasan, dan ketegangan pada otot.
Jadi sebenarnya tidak hanya pijat refleksi yang ada, pijat olahraga atau khusus olahraga pun tentu ada. Seperti yang di ketahui bahwa pijat olahraga di lakukan khusus untuk cedera saat olahraga dan otot yang kemungkinan disfungsi saat berolahraga.

Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x