Circuit Training merupakan latihan yang menantang

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Saatnya anda menantang dan mencoba diri anda!

Seperti yang dikutip dari humankinetics.com, kebugaran fisik mengacu pada kemampuan sistem tubuh anda untuk bekerja sama secara efisien agar lebih kuat dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Efisiensi yang dimaksud adalah mampu melakukan kegiatan sehari-hari dengan upaya seminimal mungkin. Disana disebutkan pula bahwa ada berbagai komponen kondisi fisik, seperti kekuatan, daya tahan, daya otot, kecepatan, daya lentur, kelincahan, koordinasi, keseimbangan, dan ketepatan. Kebugaran tubuh bertujuan agar tubuh bisa meningkatkan sistem peredaran darah serta memaksimalkan seluruh kinerja organ tubuh yang lebih terlatih dan lebih sehat. Kebugaran tubuh juga sangat diperlukan untuk anak-anak dalam melakukan kegiatannya sehari-hari, baik saat berada di sekolah ataupun di rumah. Salah satu cara dalam menjaga kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga dan latihan sirkuit (circuit training) termasuk didalamnya. Lantas, apa itu sebenarnya circuit training.

Circuit training merupakan suatu program latihan yang di kembangkan oleh R.E. Morgan dan G.T. Anderson pada tahun 1953 di University of Leeds di Inggris. Di dalam program latihan circuit training terdapat serangkaian stasiun atau pos seperti push up, sit up, jumping jacks, burpes, plank, dll. Sebagian orang ada juga yang melakukan circuit training dengan menggunakan peralatan hidraulik, mesin, dan beban tubuhnya sendiri dengan jarak tiap stasiun berkisar antara 15 detik hingga 3 menit agar menjaga kinerja maksimum otot.

Circuit training yaitu latihan yang dapat dilakukan secara beregu maupun individu. Sebagai contoh jika anda melakukan latihan selama 60 detik maka setelahnya istirahat selama 20 detik sebelum melakukan gerakan selanjutnya. Circuit training ini biasanya dibagi menjadi beberapa pos, yang mana setiap pos memiliki gerakan masing-masing. Gabungan beberapa pos inilah yang diibaratkan sebagai sebuah sirkuit. Setiap pos memiliki satu bentuk latihan dengan fungsi dan tujuan tertentu. Tujuan dari circuit training adalah mengombinasikan latihan kardio dan latihan kekuatan untuk meningkatkan beberapa komponen fisik secara bertahap dan berkesinambungan. Circuit training dapat dilakukan di lapangan, alam bebas, atau menggunakan mesin untuk latihan beban. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan circuit training dapat memberikan dampak yang positif terhadap kebugaran.

 

Didalam jurnal yang diterbitkan The American Collage of cardiology, Michael H. Kelemen menjelaskan bahwa circuit training merupakan program latihan yang mengharuskan para pesertanya untuk melakukan suatu kegiatan latihan dalam waktu yang singkat, menggunakan beban dalam level yang sedang, repitisi yang tinggi, dan waktu istirahat yang singkat lalu dilanjutkan dengan program circuit training yang lainnya. Program latihan ini akan mampu memberikan suatu tantangan baru bagi otot dan sistem kardiovaskular. Program latihan ini sering kali dilakukan oleh orang dewasa dan para atlet untuk meningkatkan endurance dan kekuatannya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, circuit training mampu memberikan manfaat berupa:
1. Melatih kekuatan jantung serta mempu menurunkan tekanan darah.
2. Melatih seluruh anggota tubuh.
3. Meningkatkan kekuatan, stamina, kelincahan dan daya tahan otot.
4. Waktu latihan yang lebih cepat.
5. Bisa dilakukan kapan dan dimana saja.
6. Membantu menurunkan berat badan

Berikut contoh latihan circuit training yang bisa kalian lakukan dirumah selama masa pandemi ini :
Pos 1: Lompat tali (skipping), 20-40 detik
Pos 2: Lari bolak-balik (shuffle run) 3-5 meter, 6-8 kali
Pos 3: Pushup, 6-10 kali
Pos 4: Situp, 10-15 kali
Pos 5: Backup, 15-20 kali
Pos 6: Lunges, dengan atau tanpa beban tambahan, 10 kali
Pos 7: Sumo squat, dengan atau tanpa beban tambahan, 10-15 kali
Pindah dari satu pos ke pos lain tanpa istirahat. Lakukan 1-2 kali seminggu!


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x