BARBELL vs DUMBBELL

Diposting oleh Genetix MMAONLINESHOP pada

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat bentuk tubuh menjadi lebih berotot, kebanyakan orang memilih latihan otot menggunakan dumbbell dan barbell. Jika anda masih awam dengan alat olahraga tersebut, mungkin anda akan berpikiran bahwa keduanya sama. Namun, tahukah anda bahwa dumbbell dan barbell adalah benda yang berbeda?

Barbell dan dumbbell adalah dua alat berbeda yang kerap digunakan saat latihan beban. Saat ingin melakukan olahraga, banyak alat yang bisa kita gunakan namun ada dua alat yang paling sering kita gunakan yaitu barbell dan dumbbell. Mari kita bahas masing-masing terlebih dahulu.

1. Dumbbell

Bentuknya terdiri atas dua beban sama berat dengan pegangan lebih pendek. Dumbbell baik digunakan untuk pemula. Beban yang digenggam bisa memperbaiki koordinasi dan mengaktifkan serat otot. Dumbbell juga membantu mengatasi ketidakseimbangan kekuatan pada anggota badan. Alat ini cenderung lebih aman digunakan daripada barbell, sebab bisa langsung diletakkan jika kita tak menyelesaikan repetisi atau pengulangan gerakan.

2. Barbell

Barbell ukurannya lebih panjang, punya banyak jenis dengan fungsi yang berbeda. Bagian ujung barbel bisa ditambah hingga 2 atau 3 kali lipat beban minimal. Bentuk beban barbel yang lebih menyerupai lempengan besi, mudah diputar dan dipasang kembali. Ini karena ada lubang ulir di bagian tengah lempengan. Bentuk beban pada barbel berbeda dengan dumbbell yang lebih terlihat seperti bulatan dan tidak memiliki lubang ulir. Bentuknya yang lebih besar bisa membantu orang yang ingin menambah beban dalam latihannya. Maka dari itu penggunaan barbell didahulukan sebelum berlatih dengan dumbbell. Alat ini cocok digunakan untuk latihan pada kaki karena lebih nyaman dipakai saat melakukan squat. Selain itu, penggunaan barbell pas jika ingin latihan yang lebih bertenaga (explosive exercises) seperti power cleans dan snatches sebab menghasilkan kekuatan yang lebih besar dibandingkan dumbbell.

Karena ukuran batang yang berbeda, cara memakai dumbbell dan barbel juga berbeda. Dumbbell dipakai dengan cara menggenggam bagian tongkat yang ada di tengah alat. Anda hanya perlu mengangkatnya sesuai dengan pergerakan tangan yang seperti engsel ke atas dan ke bawah. Sementara itu, barbel dipakai dengan teknik khusus dan tidak boleh sembarangan. Untuk mengangkat barbel, anda bisa mencoba dalam posisi jongkok atau terlentang menghadap atas. Dalam posisi tersebut, tangan harus sejajar dengan tubuh dan tidak boleh meleset. Kesalahan kecil dalam mengangkat barbel bisa berakibat fatal, seperti keseleo, cedera otot, hingga tercekik.

Keunggulan dan kekurangan :

1. Harga

Saat anda membeli sebuah barbell, anda harus membeli bar dan weight plate secara terpisah (setidaknya untuk saat ini) dengan harga yang berada di atas dumbbell. Untuk sepasang dumbbell, anda dapat membeli adjustable dumbbell yang dapat diatur hingga 24 kg atau bahkan 40 kg. Untuk harganya tentu lebih murah di banding barbell.

2. Kestabilan

Bagi seorang pemula, sangat dianjurkan untuk memiliki kestabilan dan form yang baik agar tidak mengalami cedera, saat kita memiliki dumbbell, kestabilan tangan kanan dan kiri terkadang tidak seimbang sehingga dapat menimbulkan cedera atau kecelakaan. Berbeda halnya dengan barbell yang selalu stabil antara tangan kiri dan kanan.

3. Variasi dalam Latihan

Saat melakukan olahraga, variasi pada dumbbell lebih bermacam macam dibandingkan dengan barbell seperti contoh saat melakukan bahu kita hanya dapat melakukan barbell shoulder press dan barbell front raises sedangkan saat menggunakan dumbbell, kita bisa melakukan dumbbell shoulder press, lateral raises, front raises, rear deltoid raises, dan masih banyak lagi.

4. Range of motion

Saat kita menggunakan barbell dalam melakukan bench press, gerakan kita hanya berhenti pada bagian depan dada, namun saat kita menggunakan dumbbell, kita dapat memberi gerakan sedikit lebih melewati dada ditujukan untuk menambah ROM (Range of Motion) agar lebih fokus ke otot yang dituju.

Nah, kita sudah membaca kelebihan dan kekurangan pada barbell dan dumbbell. Tentu masih ada banyak lagi poin-poin yang tidak disebutkan, jadi bagaimana menurut kalian? Apakah kalian lebih memilih dumbbell atau barbell saat latihan?


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x