APA ITU LATIHAN DIPS ?

Diposting oleh Genetix Fitness pada



     Latihan Dips, atau dengan lengkapnya bisa disebut sebagai latihan yang menggunakan berat badan sendiri dan melatih area tubuh atas seperti bahu, trisep, dan dada. Gerakan ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang menginginkan bentuk tubuh bahu yang kekar cenderung besar. Latihan dips sendiri juga merupakan bentuk gerakan dasar yang berguna terkhusus untuk melatih bagian atas tubuh. Sisi lain, gerakan ini termasuk jarang dilakukan saat sedang dalam berlatih, karena gerakan ini cukup sulit untuk dilakukan dan banyak menguras tenaga. Namun, gerakan untuk latihan dips ini, cukup tergolong fektif mampu meningkatkan massa otot tubuh yang ada di bagian atas. 

     Karena latihan ini cukup efektif untuk melatih trisep maka saat sedang melakukannya langsung menggunakan ketiga kepala otot dan bagus untuk menambakan ukuran, dan kekuatan terhadap otot-otot itu. Disarankan untuk seseorang yang ingin melatih otot trisepnya, maka latihan ini jenis yang tepat untuk dilakukan. Latihan dips yang sering dan biasa didengar adalah latihan chair dips. Atau latihan dengan menggunakan alat yaitu bangku. Dimana cara melakukannya dengan sederhana, dengan duduk di kursi atau bangku yang kokoh dan dengan tangan tepat di luar pinggul dan lutut di tekuk. Lalu turunkan tubuh sedikit ke lantai dengan tetap mempertahankan posisi tubuh dan tekuk siku sampai sudut 90 derajat, lalu angkat tubuh keatas dan ulangi gerakan yang sama dengan beberapa kali sesuai kemampuan.

     Latihan chair dips sendiri memiliki beberapa jenis dan manfaat nya masing-masing. Seperti yang pertama adalah latihan chair dips untuk pertama kali atau untuk seorang pemula. Karena kapasitas seorang pemula adalah suatu latihan dengan pembiasaan pertama kali, tidak harus sempurna, tetapi cara melakukannya tetap harus benar seperti yang di jelaskan sebelumnya. Instruksi dalam melakukan chair dips pemula tidak jauh berbeda dengan yang disebutkan di atas tadi. Hanya saja kapasitas waktu dalam melakukannya sesanggupnya saja, tidak dengan waktu yang dipaksakan. Manfaat dari melakukan gerakan chair dips untuk pemula mungkin berdampak baik, seperti memicu keluarnya keringat dalam tubuh, dan sedikit menguatkan otot tricep.

     Lalu ada latihan chair dips dengan menggunakan dua bangku, untuk melakukan latihan chair dips dua bangku ini mungkin sedikit agak berbeda dan membutuhkan usaha yang agak ekstra. Karena untuk versi ini adalah yang lebih beratnya, di mana bangku diletakkan saling berhadapan. Apabila chair dips telapak kaki di letakkan di atas lantai, maka pada saat melakukan latihan chair dips dua bangku ini kaki di letakkan di atas bangku yang ada di hadapan kita dan sementara lengan menahan tubuh pada bangku belakang. Maka saat gerakan naik turun dilakukan, beban pada bahu dan lengan menjadi lebih meningkat. Manfaat yang di dapat pun menjadi ekstra, seperti otot trisep menjadi lebih kuat, dan mengurangi lemak yang menonjol di lengan bawah. Mungkin, lengan bawah yang ramping adalah idaman wanita, tapi banyak sekali wanita sekarang yang menginginkan lengan ramping dengan hasil instan berupa melakukan oprasi. Padahal jika melakukan olahraga ini selain tidak menimbulkan efek samping, juga sehat di lakukan dan tidak mahal. Latihan chair dips dua bangku juga bisa di sebut sebagai latihan bench dip.

     Ternyata selain chair dips biasa dilakukan oleh orang biasa, olahraga atau latihan jenis ini juga cocok untuk ibu hamil. Pasalnya, bisa mengurangi nyeri saat masa akan datang bersalin atau melahirkan. Melatih otot bokong dan pinggul lebih fleksibel dan tidak kaku. Cara melakukan chair dips untuk ibu hamil bisa di mulai dengan duduk di lantai. Lalu lutut ditekuk dan kaki rata di lantai. Gerakan tangan ke belakang hingga menyentuh laintai dengan ujung jari mengarah ke tubuh dan siku mengarah langsung ke belakang. Setelah itu memulai gerakan dengan mendorong menggunakan tangan hingga bokong terangkat dari lantai. Kemudian secara perlahan dan pelan turunkan kembali tubuh sambil menaga bokong tetap menyentuh lantai. Jika memiliki saudara atau kerabat, bahkan pasangan sedang hamil ini bisa coba untuk disarankan.

     Latihan dips juga ada yang dilakukan dengan bar dip di dalam gym. Banyak jenis latihan dips lainnya, namun yang sering ditampilkan dan dilihat adalah latihan dips dengan menggunakan kursi atau bangku. Karena pasti properti seperti bangku atau kursi dimiliki oleh setiap orang di dalam rumah. Maka olahraga dan latihan ini sebaiknya mulai dikenali sejak dini untuk penggunaan kursi atau bangku yang tidak sia-sia bukan? Selain untuk di duduki, bangku juga bisa sebagai pengganti bar dip, atau latihan chair dips. Tidak ada salahnya memanfaat kan suatu benda dan barang dengan maksimal dari yang seharusnya dipergunakan.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x