Apa Itu Indeks Massa Tubuh? Mengapa Penting untuk Diketahui Tiap Orang?

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Angka indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) digunakan untuk menunjukkan kategori berat badan. Melalui IMT, anda dapat mengetahui apakah status berat badan anda termasuk kategori normal, berlebih, atau justru kurang.

Body Mass Index, disebut juga BMI, adalah salah satu cara menghitung berat badan ideal yang paling sering dijumpai. BMI mempunyai ciri khas, dimana mereka membuat rumusan berat badan ideal berdasarkan tinggi badan dan berat badan seseorang. Secara sederhana, rumus BMI adalah berat badan / (tinggi badan) dikuadratkan, dengan berat badan dalam kilogram dan tinggi badan dalam meter.

Indeks massa tubuh (IMT) = berat badan (kg) : tinggi badan (m)²

Bagi sebagian orang, nilai indeks massa tubuh kemungkinan tidak akurat, misalnya ibu hamil atau seorang atlet binaraga. Artinya, meski nilai IMT mereka di atas normal, bukan berarti mereka memiliki lemak berlebih.

Menurut WHO, perhitungan IMT terbagi menjadi empat kategori, yaitu:
Obesitas = IMT sama dengan atau di atas 30
Berat badan berlebih = IMT antara 25–29,9
Berat badan normal = IMT antara 18,5–24,9.
Berat badan di bawah normal = IMT di bawah 18,5

Indeks massa tubuh tetap bisa dipertimbangkan guna mencegah risiko terjadinya penyakit. Jika memiliki IMT di atas normal, anda berisiko menderita penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga kanker. Sementara itu, bila IMT di bawah normal, anda berisiko mengalami gangguan pencernaan dan osteoporosis.

Mengingat banyaknya keuntungan memiliki berat badan ideal, pengetahuan mengenai indeks massa tubuh masih layak untuk dipertahankan. Pastikan juga anda menjalani pola makan sehat dan berolahraga secara rutin. Jika mengalami masalah berat badan dan sulit mengatur atau mencapai berat badan ideal, anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan pelatih kebugaran untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x