Ayo kenali cara merawat barbell dengan benar

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Melakukan fitness secara rutin dan teratur merupakan salah satu cara menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Namun demikian, penggunaan alat-alat fitness tentunya juga harus memperhatikan optimalisasi penggunaannya dengan cara merawat dengan sebaik-baiknya dan dilakukan secara rutin atau berkala. Cara merawat alat-alat fitness terutama barbell sebenarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan alat-alat mekanik lainnya seperti bearing, batangnya dan bagian lainnya. Namun demikian, kenali beberapa tips singkat perawatan ringan supaya barbell anda bisa awet dan tidak berkarat untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah. Simak info berikut ini.

1. Jangan meninggalkan barbell di rak dengan plate

Banyak sekali pengguna barbell di gym hanya meninggalkan barbell di rak dengan plate yang masih berada di barbell tersebut, namun kenyataannya itu tidak dianjurkan karena dapat membuat barbell melengkung apabila terlalu lama.

 

2. Tidak boleh dijatuhkan di bagian shaft

Shaft merupakan bagian pada bar yang ditujukan untuk kita memegang bar atau disebut handle. Bagian ini sangat tidak dianjurkan untuk dijatuhkan ke benda padat lainnya untuk membuat bar lebih awet.

3. Jangan mengangkat beban diatas kapasitas barbell

Setiap barbell memiliki kapasitas beban maksimal, apabila kita mengangkat beban lebih dari yang dianjurkan maka ada kemungkinan barbell tersebut akan bengkok permanen atau bahkan patah.

4. Jangan membanting bar ke lantai langsung

Membanting bar langsung ke lantai dapat merusak lantai dan bar itu sendiri, maka ada baiknya kita memasang bumper plate pada bar karena bumper plate terbuat dari karet yang tentu akan aman pada bar anda.

5. Spray dengan pelumas anti karat

Barbell tentu juga butuh perawatan agar dapat dipakai lebih lama. Ada baiknya menyemprotkan pelumas anti karat, lalu sikat dengan sikat plastik, setelah itu pastikan lap hingga kering.

6. Minyaki bagian sleeve

Sleeve merupakan bagian pada barbell yang digunakan untuk menopang plate. Ada baiknya memberi minyak pada bagian ini dengan cara membuka sleevesnya dan semprot dengan minyak agar spinnya lebih mulus.

Sudah paham kan apa saja tahapannya supaya barbell anda tetap awet dan tahan lama? SIlahkan dicoba ya.

Jika anda belum memiliki barbell silahkan klik link berikut ini.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x