Manfaat Angkat Beban Bagi Orangtua

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Kebanyakan kita melihat para orangtua kalau sudah berumur apalagi menjelang lanjut usia sama sekali tidak melakukan angkat beban. Nah, padahal angkat beban pada orangtua itu sangatlah penting dan bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya loh. Latihan angkat beban cenderung lebih identik sebagai olahraga anak muda. Padahal, orang-orang yang memasuki usia paruh baya dan bahkan lansia juga bisa melakukan latihan ini untuk menjaga kebugaran. Selama ini latihan kekuatan, khususnya dengan barbel, dianggap hanya untuk membentuk massa otot dan kekuatan saja. Padahal, beragam penelitian mengungkapkan bahwa latihan angkat beban juag dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti kepadatan tulang, pemulihan osteoarthritis, serta kesehatan jantung. Manfaat ini pula yang mendorong peserta bernama Han salah seorang member gym untuk mengikuti program latihan angkat beban. Han mulai berlatih kekuatan dengan barbel di usia 62 tahun setelah dia terdiagnosis osteoporosis. Han melakukan latihan ini karena ingin memperkuat otot sekaligus menunjang pemulihannya. Di tahun pertamanya berlatih, hasil tes kepadatan tulang Han menunjukkan peningkatan sebesar 7 persen. Kini Han sudah tiga tahun menjalani latihan kekuatan otot dengan barbel. Latihan angkat beban belum familiar di Indonesia, padahal latihan seperti ini dinilai dapat membantu orang tua untuk menciptakan hari senja yang sehat dan bugar.
Mau tau apa saja manfaatnya, simak info berikut ini.

1. Menjaga kepadatan tulang

Banyak kaum lansia yang masih salah menafsirkan bahwa apabila seumuran mereka mengangkat beban, maka tulang mereka akan patah, kenyataannya latihan beban akan membantu menjaga kepadatan tulang. Latihan beban bisa mengendalikan kadar sklerostin dan meningkatkan produksi hormon khususnya IGF-1 yang penting dalam pertumbuhan tulang.

2. Melatih sendi

Saat lansia melakukan latihan di gym, mereka juga melatih sendi saat mengangkat beban sehingga dapat membuat mobilitas gerak lebih baik.

3. Melatih jantung dan pernafasan

Saat lansia melakukan olahraga di gym, mereka tentu melatih kinerja jantung dan pernafasan mereka dengan latihan cardiovascular di gym. Melatih cardiovascular harus dilakukan secara rutin dan terkontrol agar mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

4. Meningkatkan kualitas hidup

Olahraga bagi lansia dapat membantu mereka untuk tetap sehat dan bugar. Mereka dapat mengendalikan berat badan, menjaga tekanan darah maupun gula darah tetap stabil.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x