Tips Gym untuk Pemula Ini Wajib Dibaca Sebelum Latihan

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal adalah dengan menggunakan sarana gym. Dengan nge-gym, Anda dapat melakukan latihan secara lebih ketat, sehingga tubuh ideal pun dapat segera Anda dapatkan. Namun gym bagi pemula tidak semudah itu. Bagi pemula, gym juga perlu aturan. Anda bisa saja datang ke gym dan melakukan latihan semau Anda, tapi tentu hasilnya tidak akan maksimal. Nge-gym merupakan salah satu pilihan aktivitas yang bisa menjaga kesehatan dan kebugaran Anda. Michael R. Bracko, EdD, FACSM, ketua American College of Sports Medicine’s Consumer Information Committee, seperti dikutip WebMD, mengatakan bahwa olahraga bagaikan pil ajaib bagi Anda.
“Olahraga bisa benar-benar menyembuhkan penyakit seperti beberapa jenis penyakit jantung. Olahraga telah berdampak dalam membantu orang-orang mencegah atau pulih dari beberapa jenis kanker. Olahraga membantu orang yang menderita arthritis. Olahraga membantu orang-orang mencegah dan mengatasi depresi,” tutur Michael.

Tidak dipungkiri lagi bahwa banyak orang yang rutin nge-gym mengalami penurunan berat badan. Tentu saja ini hanya terjadi jika aktivitas nge-gym dilakukan dengan benar dan teratur. Namun bagi Anda yang masih pemula, tidak perlu langsung menjalani jadwal gym yang berat. Masuk ke dalam gym untuk pertama kalinya bisa mendatangkan perasaan tidak percaya diri, apalagi dikelilingi oleh alat-alat berat dan orang yang tidak dikenal. Namun tenang, dengan beberapa tips gym untuk pemula ini, body goals yang diidam-idamkan bukan lagi mimpi.

1. Mulai secara perlahan-lahan

Rekomendasi yang dikeluarkan para ahli saat ini adalah melakukannya 2-3 hari per minggu, setidaknya 30 menit per hari. Tapi bagi Anda pemula Anda bisa melakukannya 1-2 hari per minggu,” tutur Dr. Higgins.

2. Jangan lupakan peregangan

Ketika Anda pemanasan, Anda harus meregangkan otot dan menahannya sekitar 15 detik. Anda akan terhindar dari cedera bila melakukannya dengan baik dan benar.

3. Jangan cuma melatih satu bidang

Jangan lupa untuk melakukan beragam olahraga yang bisa Anda lakukan untuk kebugaran tubuh, seperti aerobik, olahraga kekuatan (resistensi), fleksibilitas (termasuk yoga), dan olahraga keseimbangan. Begitupun saat menjalani latihan kekuatan, jangan hanya fokus pada satu area tubuh saja seperti lengan atau dada. Beri perhatian yang sama pada semua area tubuh Anda misalnya perut, betis, bahu, punggung, dan sebagainya.

4. Ketahui berat beban dan cara yang benar menggunakan alat fitness

Karena malas bertanya, para pemula yang langsung memulai latihan dengan beban paling berat yang bisa mereka angkat. Padahal seharusnya dimulai dari yang paling ringan dulu. Dr. Higgins menyarankan agar tidak meningkatkan berat dulu dalam setiap minggunya, agar tidak cedera dan bisa mendapatkan manfaat yang terbaik dari fitness. Kebanyakan gym punya banyak pelatih yang siap siaga untuk membantu Anda menjelaskan bagaimana cara yang benar menggunakan alat tertentu, sekaligus memberi tahu apa fungsi alat tersebut.

5. Ketahui kapan waktu untuk beristirahat

Kita perlu istirahat juga untuk mengimbangi waktu olahraga, karena bila tidak ada waktu istirahat, tubuh dan otot tak punya waktu untuk memulihkan diri. Jika Anda merasa sakit atau nyeri setelah nge-gym (bukan karena cedera), itu baik, karena artinya otot Anda sudah mulai merasakan efeknya. Dr. Higgins menyarankan untuk tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit dan biarkan pulih secara alami.

6. Perhatikan pola makan

Tanpa pola makan yang baik, performa olahraga Anda di gym tidak akan maksimal. Tips gym untuk pemula ini sangat penting bagi Anda yang ingin rutin berolahraga di gym. Terutama protein, yang bisa mempercepat recovery seperti proses penyembuhan otot-otot setelah digunakan saat nge-gym. Tidak heran banyak orang yang suka makan dada ayam setelah nge-gym.
Selain itu, jangan lupakan juga lemak baik yang dikandung banyak makanan. Lemak baik bisa memproduksi energi untuk otot.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x