MENETRALKAN TUBUH DENGAN JOGGING

Diposting oleh Genetix Fitness pada



     Jogging atau aktivitas fisik yang dilakukan dengan berlari kecil atau secara santai dengan jarak yang diinginkan. Jika hari liburmu dimulai dan mungkin kamu tidak tahu harus ngapain, jogging bisa menjadi alasan tepat sebagai pengisi hari libur kamu. Jogging bisa menjadi aktivitas atau rutinitas bagi yang memiliki waktu libur panjang. Jogging termasuk olahraga simpel yang tidak menggunakan alat berat atau yang membebani badan. Olahraga jogging juga termasuk olaharag yang ringan dilakukan oleh kalangan mana saja.

     Jogging adalah aktivitas yang banyak digemari oleh remaja dan dewasa. Karena para remaja yang sedang puber saat memiliki berat badan berlebih olahraga pilihan mereka lebih banyak jogging. Selain simpel dan mudah di lakukan jogging juga memiliki manfaat yang berperan penting menjaga kardiovaskular tetap sehat dan melatih otot-otot kaki juga mencegah otot-otot kaku.

     Jogging sebenarnya termasuk olahraga yang menyenangkan. Saya memiliki kejadian pribadi saat jogging, pada malam hari sebelum jogging saya mengalami otot betis kaku saat itu saya berumur 15 tahun. Satu hari sebelum jogging saya banyak mengonsumsi gorengan dan tidur lebih awal. Tetapi keesokan paginya saya merasa naik betis atau otot betis kaku. Ibu saya yang guru olahraga menyarankan jogging atau berlari pelan-pelan agar otot betis kembali normal. Dan ternyata saran Ibu saya berhasil. Mungkin bagi beberapa orang merasa kurang masuk akal. Tapi saya mengalami kejadian tersebut. Kesimpulannya jogging juga bisa tanpa diduga menjadi pencegah otot betis kaku atau naik betis seperti yang saya alami pada waktu itu.

     Saya rasa orang-orang perlu tahu dan melakukan riset mendalam tentang manfaat dari jogging. Jogging termasuk olahraga yang tidak memungut banyak biaya apapun. Tetapi olahraga ini memiliki segudang manfaat bagi beberapa orang yang sudah melakukan jogging.

     Saya juga pernah membaca buku tentang kesehatan dan ilmu gizi terhadap aktivitas jogging mengatakan saat jogging kapasitas bernapas kita menjadi lebih tinggi. Dan ini memberikan efek baik sebagai latihan untuk setiap otot pada sistem pernapasan tubuh, terutama paru-paru.

     Jogging membuat jantung berdetak lebih kencang dan aliran darah lebih lancar, secara otomatis oksigen yang diambil dan karbondioksida yang di keluarkan pun lebih banyak. Dengan begitu kerja sistem pernapasan pun jauh jadi lebih produktif dan efisien.

     Selain menjaga kesehatan, ternyata jogging juga memiliki efek atau pengaruh baik terhadap kesehatan mental. Bagi beberapa orang, jika memiliki stress berkepanjangan ternyata ada sebuah hormon yang menjadi tinggi di produksi tubuh. Hormon ini disebut kortisol dan jika terlalu banyak bisa menyebabkan berbagai masalah penyakit kesehatan mental. Beberapa jenis gejala penyakit kesehatan mental seperti depresi, anxiety, migrain, berat badan, dan masalah pencernaan.

     Banyak yang beranggapan kalau jogging dan lari itu olahraga yang sama karena keduanya menggerakan kaki dan tangan secara beriringan. Padahal, dua kegiatan tersebut untuk menuju ke suatu tempat dengan jarak dan waktu yang ditentukan, sedangkan jogging biasanya dilakukan sedikit lebih santai dengan waktu yang tidak ditentukan. Berapa banyak kalori yang terbakar saat jogging ini tergantung dengan durasi jogging, jarak tempuh, dan kecepatan jogging kamu, atau istilahnya adalah intensitas jogging.

Lantas, jogging membakar berapa kalori ika kita melakukannya dengan durasi lebih lama, jarak yang lebih jauh, dan berat badan kurang atau lebih dari 60kg?, Semakin berat intesitas latihannya, maka senakin banyak kalori yang dibakar. Selain itu, kalori yang dibakar juga bergantung dengan kondisi jogging, misalnya berat badan.

Orang dewasa dengan berat badan 70kg yang melakukan jogging selama satu jam dengan jarak jogging 5 km dapat membakar sekitar 444 kalori. Sedangkan orang dewasa dengan berat badan 84kg jogging dengan jarak dan waktu yang sama dapat membakar sekitar 533 kalori.

Menetral kan tubuh dengan jogging bisa diartikan sebagai bentuk pengurangan zat-zat yang tidak di butuhkan lagi atau racun-racun yang belum sempat keluar dari tubuh. Oleh karena itu, jogging adalah olahraga yang ringan, simpel, dan tidak mahal yang bisa dilakukan semua orang. Mungkin belum banyak yang mendengar atau membaca tentang menetralkan tubuh dengan cara jogging. Tapi ada fakta di dalamnya yang perlu diketahui.

Jadi kita dan siapapun itu sebaiknya mengetahui lebih banyak manfaat dari jogging, efek yang diberikan saat jogging, dan kenapa harus jogging. Mungkin olahraga yang satu ini terlihat sepela tetapi juga banyak manfaat dan efek yang baiknnya. Tidak hanya sekedar melakukannya, tetapi juga harus mengerti dan mengetahui apa yang akan kita dapat dari apa yang kita lakukan. Kesehatan adalah hal yang paling mahal, tidak berguna saat harta berlimpah namun tubuh penuh dengan rasa sakit.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x