MEMBUAT HARI LIBUR TETAP BUGAR

Diposting oleh Genetix Fitness pada

 

     Ternyata kesehatan adalah segalanya bagi manusia dan mahluk hidup lainnya. Tetapi, banyak manusia terkadang lupa cara menjaga kesehatan untuk diri meraka sendiri. Dari mulai mata, hidung, pernafasan, kaki, tangan juga organ tubuh lainnya penting untuk di jaga kesehatannya. Beberapa peneliti dan dokter juga menyarankan agar manusia mulai memperhatikan kesehatan diri yang di mulai dengan menjaga pola makan juga aktivitas gerak yang rutin sperti melakukan olahraga.

     Saat menjelang hari libur sebagian orang-orang mungkin lebih memilih berpergian dengan keluarga atau kerabat dekat dan sebagiannya lagi mungkin bingung ingin melakukakan apa dan lebih memilih untuk rebahan sambil memainkan gadget mereka. Lebih baik memiliki rencana dari sekarang untuk menjadi lebih bugar dengan menjaga pola makan dan beraktivitas seperti olahraga. Hari libur cenderung membuat beberapa orang untuk bermalas-malasan. Sebagian juga ada yang produktif untuk mengasah bakat mereka. Saat libur panjang dari beberapa yang saya lihat terutama banyak remaja yang kurang produktif lebih memilih menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain game online atau main Tiktok.

     Berolahraga juga adalah gaya hidup yang sehat dan harus diimbangi dengan konsumsi gizi dan makanan yang berprotein bagi tubuh manusia. Makanan sehat dan apa yang dimakan juga sangat berperan penting kedepannya. Peran penting makanan yang dimakan mempengaruhi kinerja sel otak dan sel darah. Oleh karena itu himbauan pada anak-anak yang biasa dilakukan oleh orang tua yang mengatakan jangan jajan sembarangan adalah fakta yang cukup penting berpengaruh. Karena anak-anak dalam masa pertumbuhan lebih baik mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan segar, guna untuk menstimulasi perkembangan kinerja pada otak.

     Di zaman ini, sangat banyak ragam jenis penyakit baru yang di temukan oleh dokter, peneliti, dan ahli kesehatan. Sebagian besar penyebabnya adalah pola hidup yang kurang sehat dan makanan yang kurang baik dikonsumsi. Penyakit ini rentan memasuki tubuh anak-anak remaja, atau anak balita yang sedang memasuki tumbuh dan berkembang juga tidak terkecuali orang dewasa. Pencegahan agar tubuh tetap sehat dan terjaga dan bugar, tidak terlalu sulit dan mahal dilakukan. Memulai dengan menjaga asupan nutrisi, berolahrga dan cukup istirahat dan tidak terlalu berlebihan mengonsumsi makanan cepat saji.

     Banyak sekali manfaat yang akan didapat jika kita menjaga pola hidup sehat dan teratur. Seperti, jika kita menjaga pola makan yang baik maka kita cenderung memiliki antibodi dalam tubuh yang lebih kuat dan tidak rentan terkena penyakit atau virus. Lalu dilanjutkan dengan memiiki aktivitas rutin minimal dalam seminggu dua atau tiga kali olahraga seperti bersepeda, jogging,  berenang, aerobik dan lainnya. Dari olahraga dan aktivitas tersebut memiliki segudang manfaat yang selama ini mungkin tidak terpikirkan. Contoh,  jika bersepeda melatih otot kaki dan betis juga bisa mengurangi bobot badan dan menjaga bobot badan menjadi tetap ideal. Berenang juga bisa mengurangi bobot badan dan memberi efek rileks saat melakukannya. Selain sehat, kita juga merasa lebih rileks dan mengurangi sedikit stress dari banyaknya beban pikiran.

     Dengan pola hidup yang tetap dijaga bisa dilakukan seperti berenang dalam dua minggu sekali, mengurangi makan gorengan dan makan yang memilki karbohidrat berlebih memberikan efek badan jauh lebih rileks dan merasa lebih sehat. Pesan penulis apapun kesibukan, kegiatan, dan kewajiban kita masing-masing ada baiknya memberi luang dalam beraktivitas yang membuat tubuh lebih sehat dan menjaga pola makan. Kita harus bisa memotivasi diri sendiri untuk tetap konsisten dalam menjaga pola hidup, karena banyak godaan dan rintangannya.

     Makanan yang disarankan seperti buah-buahan dan sayuran segar memang terkadang sangat membosankan untuk dikonsumsi setiap hari. Tapi ada cara lain agar tetap mengonsumsi makanan sehat dengan mengubah cara olahannya. Jika ingin mengonsumsi steak daging bisa mengganti bahan olahan daging dengan kentang atau umbi-umbian yang bisa dilihat resepnya di internet. Bahkan cara ini juga di pakai oleh ahli diet di Eropa dan Amerika. Buah segar juga bisa di olah menjadi minuman sehat yang menyegarkan pengganti kopi atau minuman soft drink yang kaya akan pengawet dan gula.

     Di Indonesia hampir semua populasi manusiannya sangat suka mengonsumsi makanan enak dan kurang sehat. Makanan yang kurang sehat seperti bakso, fried chiken, makanan siap saji seperti sosis, dan jajanan anak sekolahan lainnya. Bukan tidak boleh untuk dikonsumsi, diperbolehkan tetapi tidak bleh dikonsumsi terlalu sering apalagi setiap hari. Bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan efek penyakit yang mungkin akan merugikan karena bakso juga terdapat MSG atau penyedap rasa. Tetap jaga pola makan sehat dengan baik.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x