KEBIASAAN YANG BISA MEMPENGARUHI KEBUGARAN

Diposting oleh Genetix Fitness pada

    

Kebugaran adalah kondisi badan yang sehat aktif bergerak dan lebih banyak manfaatnya. Kebugaran jasmani termasuk kondisi badan yang paling baik, badan bugar yang sehat karena aktif bergerak dan olahraga. Faktor yang mempengaruhi kebugaran juga ada, tentu badan yang bugar adalah kesehatan yang paling berharga. Jika memiliki badan bugar kita pun akan sangat bahagia melakukan pekerjaan dan kegiatan setiap hari tanpa ada keluhan terlalu lelah, atau atau terlalu sakit. Biasanya tubuh yang bugar juga cenderung memiliki imun tubuh yang lebih baik, ketimbang tubuh yang tidak bugar dan jarang sekali bergerak hanya untuk sekedar olahraga.

     Faktor yang bisa mempengaruhi kebugaran pada seseorang biasanya dari pola hidup dan kebiasaan mereka. Sama seperti halnya artis yang sering bermain film, mereka selalu berlatih akting setiap harinya demi bisa berperan dalam film dengan baik. Memiliki tubuh bugar juga harus menjaga pola hidup sperti rajin dan gemar dengan aktivitas olahraga, maka kondisi badan pun seiring akan lebih baik. Apa yang menjadi kebiasaan di dalam hidup seseorang akan sangat mempengaruhi hasil dari apa yang mereka buat. Pepatah bahkan mengatakan, apa yang kamu tanam , itulah yang akan kamu tuai.  Jangan malas bergerak walau hanya sekedar lompat tali, atau jogging.

     Jika kamu lebih memilih bermalas-malasan, itu juga bisa membuat otot-otot tubuh menjadi kurang sehat bahkan bisa mengalami penyusutan dini pada otot. Otot dan tubuh saling melengkapi, maka dari itu jika kita dilahirkan dengan baik sedemkian rupa oleh Tuhan jangan mengabaikan kondisi badan kita, harus selalu di jaga dan di rawat. Ini termasuk mencerminkan rasa syukur kita juga.

     Kebiasaan kita sehari-hari memang tidak pernah akan ada waktu untuk selalu berolahraga. Tetapi bukan berarti kita sama sekali tidak bisa menyisihkan waktu untuk olahraga beberapa menit bukan ? Dalam seminggu kamu bisa menyisihkan 2-3 hari sekali sebanyak 30 menit untuk olahraga. Olahraga juga beraneka ragam, tinggal kita yang menyesuaikan dengan kemampuan dan kesukaan kita. Kamu bisa mencoba olahraga seperti zumba di rumah, jogging, berenang, bermain voli pantai, bulu tangkis, basket, dan lain sebagainya. Daripada kamu menghabiskan waktu weekend kamu untuk hal sia-sia dan malas-malasan kamu bisa mulai kebiasaan baik dari sekarang.

     Jika kebiasaan kita di hari weekend selalu bermalas-malasan, kamu bisa mengubahnya mulai sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan hidup yang baik, kita akan terus belajar dan memperbaiki yang ada. Selain itu, efek malas bergerak, dan minum alkohol di hari weekend memiliki efek yang kurang sehat dan membuat mood juga terkadang tidak stabil. Memulai kebiasaan baik di hari weekend dengan mencoba olahraga dan minat baru akan membuat pikiran kita juga lebih fokus dan merasa bahagia. Selain itu, malas-malasan dalam bergerak meningkatkan risiko obesitas dan kolesterol tinggi. Selain itu juga bisa menjadi penyebab penyakit lain datang dan hinggap di tubuh.

 

     Selain kurang braktivitas seperti olahraga, perokok aktif juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh mereka. Biasanya sebagian perokok yang sangat aktif, jarang berolahraga diakibatkan merasa sesak karena rokok berat mereka. Rokok bisa menghambat kondisi tubuh yang ingin berusaha bugar. Kurangi rokok, dan mulai rutin berolahraga bisa mengurangi risiko terkena rasa sesak, kanker mulut dan tenggorokan, dan menurunkan risiko kematian secara mendadak yang bisa di sebabkan menghirup asap rokok. Perokok pasisf, seperti ibu hamil yang tidak sengaa menghirup udara yang sama dengan suami mereka yang perokok saja sangat berbahaya, apalagi mereka yang secara langsung menghisap rokok tersebut.

     Faktor seperti umur,jenis kelamin, dan genetik juga mempengaruhi kondisi yang meng inginkan tubuh bugar. Jika lansia selalu melakukan olahraga rutin mereka akan memiliki tubuh cenderung tidak mudah mengalami osteoporosis dan berbagai penyakin lansia yang berbahaya. Namun, berbeda dengan usia dewas yang masih tergolong muda sperti umur sekitar 20-25 tahun tentu memiliki manfaat lebih menguntungkan jika sering berolahraga. Karena umur segini tulang dan otot masih cenderung kuat dan lebih fleksibel.

     Faktor lain seperti gizi dan asupan vitamin yang cukup juga tidak kalah penting berperan dalam pembentukan dan usaha untuk memiliki tubuh yang bugar dan sehat. Semakin baik konsumsi yang kita masukkan ke dalam tubuh, semakin baik juga tubuh merespon makanan dan vitamin yang terkadung dalam konsumsi tersebut. Pasalnya tubuh tidak hanya menerima jenis kalori dan karbohidrat saja. Tubuh juga menyerap vitamin, dan lemak baik yang di butuhkan guna pembentukan massa otot, tulang, dan gigi. Selain itu penetralan pada tubuh juga tidak kalah penting yaitu meminum air mineral dan sesekali selingi dengan meminum jus buah bagi yang kurang suka mengkonsumsi secara langsung.

 


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x