Giant Workout

Diposting oleh Genetix Fitness pada

     

Banyaknya jenis metode latihan membuat beberapa orang bingung dalam memilih metode latihan yang seperti apa, yang cocok bagi mereka. Mulai dari metode super set, progressif overload, piramyd set, dan salah satunya giant set ini. Sebenarnya itu baru sebagian saja, ada banyak lagi metode lain yang mungkin belum disebut. Untuk seorang yang baru mengenal dunia gym atau pemula, biasanya masih mulai mengenal alat-alat dan kegunaan di dalam gym. Untuk masuk ke tahappengenalan metode latihan yang berbagai macam, butuh waktu yang mungkin agak lama. Meski membutuhkan waktu pengenalan terhadap metode latihan yang banyak dan mengetahui kelebihan dan kekurang metode tersebut, tidak menutup kemungkinan untuk mempelajarinya lebih cepat. 

     Giant workout sendiri adalah versi super set yang lebih besar, dimana kamu melakukan tiga latihan atau lebih secara berurutan tanpa istirahat di antaranya. Setelah satu set setiap latihan dilakukan, kamu akan mendapat waktu istirahat sebelum memulai lagi. Giant workout juga bisa dikatakan seperti giant set. Giant set adalah teknik yang dapat kamu lakukan untuk membangun otot ke tingkat selanjutnya seperti super set dan drop set. Ini merupakan variasi latihan yang efektif untuk mencegah dan mengatasi stagnasi, yakni ketika pertumbuhan otot kamu yang mulai melambat, bahkan berhenti. Bisa dikatakan, latihan dengan metode ini mampu terbukti untuk mengembalikan bentuk bahkan fungsi otot itu sendiri.

     Giant workout banyak dilakukan oleh para binaragawan yang profesional di bidangnya. Tidak heran bila melihat otot-otot yang dimiliki para binaragawan sangat besar, cukup menonjol dan berbeda ukuran dari yang seharusnya. Salah satu binaragawan dari California mengatakan, bahwa giant workout itu sama artinya dengan giant set. Kurang lebih giant set, atau giant workout itu memiliki arti yang sama. Set giant sendiri menurutnya, kondisi dimana seseorang mulai memperhatikan bentuk ototnya yang mulai pudar dan ingin mengembalikan masa emas ototnya seperti sedia kala. Seperti yang dijelaskan di atas, kasus stagnasi terhadap otot.

     Giant set, sendiri direkomendasikan untuk seseorang yang memiliki fokus terhadap hipertrofi otot. Hipertrofi sendiri merupakan kondisi sel otot yang mengalami pertumbuhan, salah satu penyebab terjadinya hipertrofi otot adalah seseorang yang sering melatih otot dan pengaruh dari nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Keuntungan lain dari melakukan giant set adalah memungkinkan kita menargetkan kelompok otot dari berbagai sudut yang kemudian menghasilkan peningkatan kinerja atletik dan bentuk tubuh yang kekar dan padat. Latihan dengan metode giant set termasuk latihan bervolume tinggi. Giant set juga efektif dalam menghilangkan lemak dan meningkatkan pembakaran kalori bahkan setelah latihan. Ini salah satu keuntungan melakukan giant workout.

     Beberapa ahli kebugaran percaya bahwa giant set tidak lebih efektif daripada super set dalam hal hipertrofi otot. Mereka merekomendasikan bahwa giant set harus digunakan oleh peserta yang lebih mahir, karena hal ini memerlukan rangsangan ekstra dalam rutinitas pelatihan yang mereka lakukan. Pastikan untuk mempertahankan teknik yang tepat selama dalam latihan dan menargetkan kelompok otot dengan benar. Kemungkinan besar tanpa perawatan yang tepat, kamu bisa mengubah berat badan menjadi raksasa, tetapi dengan otot yang biasa saja. Oleh karena itu, selama setiap latihan, fokuskan perhatian kamu pada otot target, bukan pada status tubuh. Intinya, saat melakukan giant set fokus terhadap pembentukan otot bukan pada bentuk tubuh. 

     Selain itu, tetap penuhi kebutuhan tubuh seperti asupan. Jangan sampai kita lupa untuk mengisi tubuh kita dengan asupan yang baik, bahkan vitamin yang cukup juga mendukung pertumbuhan otot dari dalam. Para binaragawan tentu tidak sembarangan dalam memenuhi kebutuhan mereka, terlebih mereka sangat fokus terhadap kebutuhan protein tinggi yang bisa mendukung kinerja mereka menjadi lebih baik. Apapun yang kita lakukan, tetap ingat untuk memberi tubuh kita hal-hal yang baik salah satunya seperti makanan yang baik dikonsumsi. Bila kita hanya memikirkan makanan enak saja, tanpa memikirkan manfaat dari makanan tersebut itu adalah salah satu penyebab kegagalan dalam program latihan. 

     Para binaragawan sangat mengontrol semua yang mereka lakukan, mulai dari jam tidur, makanan yang mereka konsumsi, jadwal latihan, hingga bangun tidur. Mereka harus disiplin, selain itu dilakukan untuk karir, mereka juga melakukan itu untuk menjaga stamina tetap stabil sebagai binargawan. Bila salah satunya saja mulai berantakan, maka akan mempengaruhi yang lainnya. Termasuk melakukan program latihan giant workout ini, tidak bisa sembarangan mereka melakukan metode ini. Untuk bisa melakukan metode giant workout, harus sudah menguasai landasan latihan tahap awal di gym, lalu mengikuti latihan inti seperti drop set, super set, seperti yang dijelaskan di atas. Semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan kita jadi bertambah ya.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x