FAKTA-FAKTA DALAM OLAHRAGA

Diposting oleh Genetix Fitness pada

    

Olahraga memiliki fakta-fakta yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang atau sebagian orang. Fakta olahraga bahkan bisa menembus akal pikiran manusia. Sebelumnya mungkin kita sudah pernah membahas mitos-mitos dalam olahraga, dan sekarang kita akan membahas fakta-fakta dalam olahraga itu apa saja, lalu apa yang sebenarnya terjadi. Olahraga memang populer belakangan ini, sudah menjadi bagian dari kebutuhan setiap manusia. Olahraga bisa menjadi kebutuhan tersendiri dengan tujuan untuk tetap sehat, bugar, dan mempertahankan imun tubuh. Apa saja kira-kira fakta dalam olahraga, mari simak dengan seksama.

     Fakta olahraga pertama, ada yang menganggap bahwa berolahraga tidak boleh dilakukan saat sudah malam. Faktanya, olahraga yang dilakukan malam hari tidak dilarang. Namun waktu malam tidak boleh berkisar di jam 11-2 pagi dini hari, karena bisa mempengaruhi sistem biologis tubuh. Selain ini, berkisar di jam tersebut jika berolahraga dikhawatirkan akan menganggu waktu istirahat yaitu tidur dan kualitas tidur. Sebaiknya memiliki jeda waktu 1-2 jam antara waktu olahraga dan waktu tidur.

     Olahraga pada malam hari ataupun pagi hari memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan olahraga malam, cuaca di luar ruangan yang cenderung lebih dingin saat malam bisa membuat badan mengalami masuk angin. Kelebihan saat berolahraga di malam hari membuat seseorang bisa lebih fokus, terlebih jika saat malam orang-orang tidak terlalu ramai berada di luar rumah.

     Fakta olahraga selanjutnya, tidak boleh langsung duduk setelah selesai berolahraga. Karena, jika seseorang yang baru saa melakukan olahraga dan langsung duduk, otot-otot yang bekerja saat olahraga menjadi kaku dan menyebabkan kram. Menurut para ahli, sebenarnya tidak boleh langsung duduk setelah selesai melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, sebaiknya melakukan pendinginan atau peregangan terlebih dahulu. Tujuan dari pendinginan dan peregangan tersebut agar otot-otot lebih rileks setelah bekerja. Jika tidak melakukan pendinginan atau peregangan bisa menyebabkan otot kaku secara tiba-tiba, kram otot, dan kaku.

     Lanjut, olahraga bisa membuat kulit tampak lebih sehat alami dan terawat. Faktanya, ini memang benar. Olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik dan mental, tetapi uga memengaruhi kulit. Menurut Dr. Amy McClung dari US Dermatology partners Brodie Lane Texas, olahraga sangat baik untuk kesehatan kulit. Olahraga yang di iringin dengan makanan sehat dan kaya akan vitamin, selain melatih ketahanan tubuh tetapi juga bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika sirkulasi darah lancar, suplai oksigen dan nutrisi ke kulit juga lancar. Jika sirkulasi darah lancar, regenerasi kulit menadi lebih efktif bekerja sama. Kulit pun akan terlihat lebih cerah secara alami dan terlihat sehat.

     Ini termasuk fakta yang sekaligus kabar baik untuk wanita, selain olahraga tidak harus membayar mahal, kecantikan kulit bisa di dapat dengan cara alami tanpa harus setiap saat perawatan mahal hingga ratusan juta yang masih memiliki efek samping. Bahkan wanita karir yang memilih operasi kolagen kulit rentan terkemna penyakit kulit dan menjadi memiliki kulit yang sangat sensitif. Olahraga sendiri minim efek samping yang diakibatkan seperti operasi plastik, jadi olahraga termasuk usaha untuk menambah kecantikann kulit secara alami ya.

     Selain itu olahraga faktanya bisa mengurangi rasa cemas dan rasa depresi. Olahraga berperan dalam kesehatan mental seseorang itu fakta. Karena olahraga termasuk kegiatan positif yang dapat membantu meringankan depresi dan rasa cemas seseorang dengan melepaskan hormon endorfin dan bahan kimia alami lainnya, sehingga dapat meberikan rasa bahagia, senang dan mood yang positif. Olahraga sendiri menjadi saran untuk terapi mental seseorang yang mengalami kecemasan berlebih dan depresi yang berat. Mereka di sarankan untuk melakukan yoga, berenang, dan melakukan olahraga seperti muay thai. 

     Fakta olahraga selanjutnya bahwa olahraga bisa memperbaiki kualitas tidur di malam hari. Mungkin ada dari kita yang kesulitan untuk tidur. Banyak faktor yang membuat seseorang menjadi sulit tidur di malam hari dan merasa bahwa mereka sedang insomnia. Sulit tidur, dan tidur nya tidak berkualitas biasanya kita mungkin kurang beraktivitas di pagi hingga sore hari. Di sini olahraga bisa di lakukan sebelum menjelang tidur. Saat tubuh bergerak, otomatis seluruh otot akan meresponnya. Ketika otot sudah bekerja, maka saat selesai berolahraga akan menyebabkan tubuh membutuhkan waktu istirahat stelah lelah berolahraga.

     Fakta terakhir tentang olahraga yaitu, olahraga mampu membuat seseorang lebih menikmati hidup dan lebih bersyukur. Saat kita menyadari bahwa tidak semua orang memiliki bentuk tubuh sehat dan sempurna, kita akan merasa lebih beryukur dan menikmati hidup kita. Kita pun otomatis akan merasa bahagia saat kita bisa lebih bersyukur. Dalam hidup, tidak semua akan berjalan sesuai  dengan kemauan kita. Maka dari itu, olahraga adalah aktivitas yang termasuk sangat berperan dalam kehidupan kita tanpa kita sadari secara langsung.

 

    

 


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x