Sebelum membeli suplemen, pahami dulu artikel ini !!

Diposting oleh Harry Boentarya pada

Banyak sekali orang berpikir bahwa untuk memiliki badan ideal wajib menggunakan suplemen. Namun pada kenyataannya tidak selalu menggunakan suplemen itu bisa membuat badan kita lebih bagus. Pernahkah kalian berpikir bagaimana binaraga pada zaman dahulu memiliki badan yang bagus sebelum ditemukannya suplemen? Atau pernahkah kalian berpikir kalau ternyata binaraga zaman sekarang hanya menjadi brand ambassador saja yang hanya mengiklankan produk suplemen tapi belum tentu dia gunakan? 
Mari kita bahas di artikel ini.

1. Sumber Uang

Bagi kalian yang pernah ke mega gym atau gym yang besar, pasti kalian pernah ditawarkan oleh teman anda atau bahkan “personal trainer” untuk membeli suplemen dari mereka dengan janji manis seperti bila kalian membeli suplemen ini, maka tubuh kalian akan menjadi lebih baik dan pembentukan otot anda akan lebih maksimal. Mengapa ini bisa terjadi? Personal trainer yang baik tidak akan menawarkan suplemen kepada client yang dilatihnya yang masih cukup baru karena personal trainer di wajibkan untuk menjadikan tubuh client dari pola latihan dan pola makanannya dengan baik, bukan dari suplemen. Ini terjadi karena adanya target market yang mampu mengeluarkan uangnya untuk kesehatan dan target atau client mudah percaya dengan perkataan “personal trainer” tersebut.

2. Suplemen hanya sebagai tambahan saja

Pernahkah kalian membaca arti dari suplemen itu sendiri? Suplemen artinya adalah sesuatu untuk melengkapi atau sesuatu yang ditambahkan. Artinya kita hanya butuh suplemen apabila kebutuhan sehari-hari kita tidak terpenuhi dari makanan pokok kita. Namun banyak sekali orang-orang berpikir bahwa suplemen adalah barang sakral atau utama yang sangat dibutuhkan untuk membentuk badan sehingga mereka lupa akan makanan pokok atau “real food”. Yang paling dibutuhkan dalam tubuh secara natural. Bila kita hanya menggunakan suplemen saja, maka kemungkinan besar kita akan mengalami kalori defisit karena kurangnya asupan gizi. Karena itu pola makan sangat diperlukan untuk membentuk badan yang ideal.

3. Nutrisi suplemen belum tentu semua bisa diserap tubuh

Saat kita membeli suplemen, banyak sekali pilihan variasi yang disajikan seperti bubuk, sirup, dan tablet. Sebelum kalian membeli suplemen, biasanya kalian membaca pada bagian nutrition fact pada label kemasan untuk melihat apa yang terkandung di dalamnya. Namun pernahkah kalian bertanya pada diri kalian “Berapakah nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh kalian?” dikarenakan untuk membuat suplemen, banyak sekali proses yang digunakan dan kemungkinan pula adanya beberapa zat yang ditambahkan di dalamnya. Sedikit berbeda halnya dengan vitamin yang memang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap bugar.

4. Alergi bagi penderita

Pernahkah anda cek tubuh di dokter seperti memiliki alergi kacang, gluten, seafood, dan lainnya? Apabila anda membeli suplemen terkadang anda dapat membaca tulisan kecil di belakangnya seperti “It might contain soy, wheat, egg…” yang artinya ini kemungkinan mengandung kedelai, gandum, telur. Padahal produk suplemen yang kita beli seharusnya tidak mengandung makanan tersebut. Bagaimana bisa? Adanya kemungkinan mesin pabrik yang digunakan, menggunakan mesin yang sama untuk mengolah hal yang lain sehingga terjadinya kontaminasi.
Nah, dari artikel di atas bukan berarti suplemen itu buruk, melainkan suplemen hanya sebagai tambahan atau pelengkap saja. Jadi jangan pernah mengganti makanan dan latihan kalian dengan suplemen saja. Butuh usaha untuk melakukan segala hal dan tak ada yang instan ya guys!!


Bagikan posting ini



Posting Baru →

x

x
x