CARA AGAR TIDAK MALAS UNTUK BEROLAHRAGA

Diposting oleh Genetix Fitness pada

 

Saat ini olahraga sudah menjadi sorotan dan isu paling diperhatikan oleh mata dunia. Penyebabnya ada banyak hal, di mulai dari banyak orang yang malas berolahraga terkena penyakit kolesterol, kurangnya aktivitas seperti olahraga membuat risiko penyakit mental lebih mudah timbul, hingga yang lainnya yang berkaitan tentang peran olahraga yang bisa membantu kehidupan manusia menjadi lebih baik. Begitu pentingnya aktivitas olahraga ini, tetapi masih banyak yang memandang olahraga sebelah mata. Masih banyak orang di dunia ini yang menganggap olahraga hanya sekedar bermain dan supaya sehat. Padahal, olahraga bisa memicu otak dan cara manusia berpikir lebih baik. Masih banyak yang belum menyadari ternyata manusia darurat berolahraga.

      Jika kita salah satu manusia yang masih mengabaikan aktivitas seperti olahraga, sebaiknya kita ubah pola pikiran kita selama ini. Jika biasanya kita sangat malas untuk bergerak dengan cara benar-benar berolahraga, sebaiknya mulailah untuk mengubah pola hidup kita menjadi lebih baik setidaknya berolahraga seminggu sekali walau hanya 30 menit sampai 1 jam saja dalam satu hari. Untuk memotivasi diri sendiri agar tidak malas untuk berolahraga, mulai pikirkan masa depan kita atau masa tua nanti. Mulailah berinvestasi untuk kesehatan diri sendiri dengan menjaga tubuh untuk tetap bugar hingga jangka panjang. Bayangkan, kita mungkin bukan terlahir dari keluarga kerajaan. Kita harus bekerja untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga. Jika kita malas untuk menjaga aset tubuh kita sendiri, bagaima kita bekerja karena penyakitan yang disebabkan kurangnya olahraga.

     Jadi cara pertama agar tidak malas berolahraga, motivasi diri sendiri dengan memikirkan kesehatan dan kebugaran tubuh untuk tetap bisa bertahan hidup karena harus bekerja. Kita harus membentuk sendiri pola hidup sehat ini dengan salah satu caranya adalah melakukan aktivitas olahraga. Dengan olahraga bisa mengurangi rasa stress yang di sebabkan oleh pikiran kita. Bahkan salah satu penyebab kematian seseorang bisa karena stress atau tekanan yang ada pada kehidupan.

      Selain itu cara lain agar tidak malas berolahraga yaitu, dengan memiliki komitmen atau goals yang ingin di capai. Semisal saat kita mulai untuk fokus terhadap diri sendiri, kita pasti akan memikirkan penampilan kita dan bentuk tubuh kita. Biasanya ini identik dengan wanita dan para remaja perempuan. Saat seorang wanita beranjak tumbuh dan mulai memiliki masa pubertas, mereka akan sangat mengkhawatirkan bentuk tubuh. Masa pubertas juga adalah masa dimana ketertarikan terhadap lawan jenis. Inilah alasannya mengapa identik pada sifat wanita yang mulai beranjak dewasa. Tidak hanya wanita, sebenarnya pada pria ini juga terjadi. Jadi salah satu pemicu untuk tidak malas berolahraga adalah menetapkan komitmen atau tujuan yang kuat.

     Cara lain agar tidak malas berolahraga adalah, tantang diri sendiri. Manusia memiliki insting yang kuat apabila mereka menemukan suatu tantangan dalam hidup. Beberapa orang berpikir bahwa mereka terkadang memiliki hidup yang membosankan. Karena terlalu membosankan dan memiliki kegiatan sehari-hari yang itu-itu saja, tidak ada salahnya mencoba tantang diri sendiri dengan rutin olahraga dan mencari tahu perbedaannya setelah dan sebelum rutin berolahraga karena tantangan. Biasanya seseorang akan lebih semangat di awal untuk melakukan sebuah perbedaan dalam hidup, untuk mecegah semangat yang timbul di awal saja di butuhkan komitmen kuat. Karna komitmen inilah nanti timbulnya suatu tantangan tadi. Jadi semangat dengan tantangan yang di buat sendiri tidak hanya di awal saja, tetapi sampai akhir tantangan di selesaikan.

     Jika biasanya malas sekali bangun pagi hanya untuk sekedar berolahraga, maka buat tantangan untuk bangun lebih pagi dan melakukan olahraga yang di sukai seperti jogging, lompat tali, senam, atau lainnya. Ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, tetapi bisa diterapkan untuk anak-anak sejak dini dan para remaja. Penting bagi orang tua untuk mengenalkan aktivitas olahraga, agar mereka lebih mengenal arti dari hidup sehat. Apabila tantangan ini berhasil, nantinya akan berdampak baik di kehidupan masa yang akan datang. Bisa saja karena tantangan olahraga yang di buat agar tidak malas berolahraga, nantinya bisa menjadi suatu habits atau kebiasaan baik. Ini bisa membangun kesadaran terhadap diri sendiri bahwa olahraga mampu menjaga keseimbangan dalam mejaga kehidupan lebih sehat dan teratur.

     Saat anak-anak terlalu dimanjakan dan hanya di turuti kemauanya, mereka tidak akan belajar sesuatu yang berharaga. Maka tidak ada salahnya mengajarkan mereka untuk tertantang melakukan aktivitas olahraga yang bisa membuat mereka jauh lebih sehat dan tidak obesitas dini. Obesitas pada anak bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya. Mereka harus di ajarkan sejak dini betapa pentingnya menjaga tubuh dan pola hidup.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x