Berapa Modal Awal Buka Usaha Gym Sendiri?

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Jika Anda adalah seorang pecinta kebugaran yang ingin membuka usaha gym yang sukses, tentu Anda tahu ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah modal awal yang tidak sedikit. Nah, Anda mungkin bertanya-tanya, berapakah biaya yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis gym sendiri? Jawabannya adalah tergantung. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal ini, misalnya seperti ukuran, lokasi, dan fasilitas gym yang Anda inginkan.

Namun sebelum Anda merasa bingung, mari kita jabarkan satu-persatu persiapan apa saja yang harus Anda miliki, kemudian hitung rincian biaya operasi yang akan Anda butuhkan sebagai modal awal membuka gym sendiri.

Biaya Satu Kali

Biaya satu kali merupakan biaya yang hanya perlu Anda keluarkan di muka saja. Biaya ini mencakup banyak kebutuhan penting yang akan menjadi investasi awal bisnis Anda hingga selanjutnya. Berikut ini adalah rincian pengeluaran untuk biaya satu kali.

  1. Lokasi

Untuk membuka usaha gym sendiri, tentu Anda membutuhkan lokasi bisnis. Namun karena biaya sewa lokasi pada setiap daerah berbeda-beda dan ini bisa mempengaruhi hasil rincian perhitungan, maka pada analisis kali ini kita akan menganggap bahwa Anda sudah memiliki lokasi sendiri. Namun kalaupun belum, Anda bisa menjumlahkan hasil perhitungan di akhir nanti dengan biaya sewa tempat berdasarkan tempat Anda membuka usaha gym.

  1. Peralatan Gym

Biaya untuk membeli peralatan gym bisa bervariasi. Namun karena Anda adalah pebisnis pemula, Anda tidak perlu langsung membeli banyak alat sekaligus. Sebagai investasi awal, Anda cukup membeli peralatan gym dasar yang paling banyak digunakan dengan biaya sekitar Rp 80.000.000.

Anda bisa cek harga selengkapnya di halaman Peralatan GYM

  1. Peralatan Tambahan

Selain peralatan gym, tentu Anda juga membutuhkan berbagai macam perlengkapan lainnya seperti kursi, meja, komputer, loker, lemari inventaris, cermin, alat-alat kebersihan, dan banyak lagi. Semua perlengkapan ini membutuhkan biaya sekitar Rp 30.000.000.

  1. Desain Bangunan

Desain bangunan mungkin bukanlah hal yang paling utama, namun tetap membutuhkan perhatian khusus. Bagaimanapun, desain yang bagus dapat membuat banyak orang merasa tertarik untuk mendatangi tempat usaha Anda. Desain bangunan mencakup pembuatan papan nama dan dekorasi lainnya dengan kisaran biaya Rp 6.000.000.

 

Biaya Berkelanjutan

Biaya berkelanjutan mencakup pengeluaran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Berikut ini adalah rincian pengeluaran untuk biaya berkelanjutan.

  1. Gaji Instruktur Fitness

Karena baru memulai usaha, mempekerjakan dua orang instruktur fitness sudah cukup untuk menangani pelanggan harian yang datang ke gym Anda. Nah, sebagai pemilik gym yang juga menyukai aktivitas kebugaran, anggaplah Anda juga memiliki basic yang memadai untuk menjadi infrastruktur fitness, sehingga Anda hanya perlu mempekerjakan satu orang saja. Gaji untuk satu orang infrastruktur fitness sekitar Rp 4.500.000.

  1. Gaji Admin dan Office Boy

Admin berperan penting untuk melayani pengunjung yang datang ke gym Anda, sementara office boy diperlukan untuk melakukan tugas bersih-bersih harian. Masing-masing orang mendapatkan gaji Rp 2.000.000 per bulannya, sehingga jika ditotal jumlahnya menjadi Rp 4.000.000.

  1. Biaya Operasional

Biaya operasional mencakup biaya perawatan, kebersihan, listrik, internet, dan air dengan total biaya sekitar Rp 1.500.000.

  1. Biaya Tidak Terduga

Biaya tidak terduga tidak selalu diperlukan setiap bulannya, namun menyediakan anggaran khusus untuk ini dapat membantu mencegah masalah operasional gym yang mungkin muncul secara tiba-tiba. Anggaran untuk biaya tidak terduga sekitar Rp 1.000.000.

 

Setelah menjabarkan persiapan yang diperlukan dan masing-masing biayanya, sekarang saatnya Anda menghitung seluruh total modal awal yang diperlukan untuk membuka usaha gym sendiri. Biaya satu kali untuk membeli peralatan dan mendesain bangunan membutuhkan modal sebesar Rp 116.000.000, sementara biaya berkelanjutan yang perlu Anda bayar setiap bulannya untuk gaji karyawan dan kebutuhan operasional Rp 11.000.000.

Jika dijumlahkan, maka modal awal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha gym sendiri adalah sekitar Rp 127.000.000. Namun, ingatlah bahwa rincian di atas hanyalah gambaran saja, sehingga tidak menghasilkan angka yang pasti. Selain itu, fasilitas, ukuran, lokasi, dan upah rata-rata karyawan di tempat bisnis gym Anda dibuka juga dapat mempengaruhi modal awal yang Anda butuhkan, sehingga bisa berbeda antara satu tempat dengan yang lainnya.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x