Benarkah Makan Karbohidrat Ketika Malam Hari Bikin Gemuk?

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Banyak orang percaya bahwa menghilangkan konsumsi karbohidrat pada malam hari adalah sebuah keharusan untuk membakar lemak, menurunkan berat badan, dan mengecilkan perut. Jika anda merupakan salah seorang yang mempercayai ini, saatnya membuka pikiran anda dan mengubah anggapan anda karena apa yang anda percayai adalah mitos belaka! Banyak orang percaya mengonsumsi karbohidrat di malam hari hanya akan menambah berat badan. Mereka menganggap karbohidrat hanya membuat semua usaha mereka untuk memiliki tubuh ideal akan sia-sia.

Memang ada perbedaan pada mereka yang mengonsumsi karbohidrat di malam hari dan siang hari. Menurut paparan Tomlinson, hasil riset tersebut menunjukkan peserta mengonsumsi karbohidrat paling banyak saat makan malam dibandingkan saat siang hari. "Ini sebenarnya yang menyebabkan penambahan berat badan, lemak tubuh dan juga lingkar pinggang yang lebih besar," ungkapnya. Tomlinson kemudian mengutip penelitian lain dari jurnal The Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Disease. Disebutkan, mengonsumsi karbohidrat pada malam hari dapat mencegah rasa lapar berlebihan di siang hari. Tentunya, ini bekerja lebih efisien untuk mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan hasil metabolisme dibandingkan diet penurunan berat badan konvensional. Kesimpulan penelitian ini didasarkan pada distribusi makronutrien sepanjang hari dan dampaknya pada hormon pengontrol rasa lapar seperti ghrelin, leptin dan adiponectin. “Komposisi tubuh ditentukan oleh jumlah energi yang kita konsumsi dan kita gunakan, terlepas dari jenis makanan, gizi atau waktu saat mengonsumsinya," ucapnya. Menghindari konsumsi karbohidrat di malam hari hanya demi tubuh ideal adalah cara yang sia-sia. Pasalnya, kita hanya membuat cara yang terlalu rumit untuk mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Metabolisme kita tidak beroperasi berdasarkan waktu kronologis, melainkan berfungsi jika memang sudah saatnya. Dengan kata lain, tak masalah untuk mengonsumsi karbohidrat di malam hari. Yang perlu diatur adalah porsinya dan juga makanan lain yang mendampingi.

Singkatnya, jika kita mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan energi kita, atau kita mengkonsumsi karbohidrat ketika kita tidak membutuhkan banyak energi, kita akan menyimpan karbohidrat teresebut sebagai lemak. Karena itulah, banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi karbohidrat di malam hari, ketika tingkat aktifitas dan kebutuhkan energi kita rendah, akan menambah berat badan dan membuat kita gemuk. Namun perlu kami ingatkan bahwa maksud dari postingan ini bukanlah untuk memakan karbohidrat secara berlebih pada malam hari. Intinya kalau masih sesuai dengan kebutuhan kalori kita dalam sehari itu tidak jadi permasalahan untuk tubuh. Yang ingin kami sampaikan disini adalah anggapan bahwa mengkonsumsi karbohidrat pada malam hari atau di atas jam sekian akan berujung pada penimbunan lemak atau ketidakefektifan pembakaran lemak dibandingkan dengan konsumsi pada waktu lain hanyalah sebuah mitos! Jadi, “Jangan makan karbo malam-malam. Nanti gemuk lho!” telah secara resmi dibuktikan sebagai mitos!


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x