7 Rekomendasi Alat Fitness Rumahan Sederhana

Diposting oleh Genetix Fitness pada

Dulunya, memiliki peralatan fitness sendiri di rumah merupakan sesuatu yang dianggap sebagai kemewahan. Namun berkat banyaknya orang yang mulai sadar akan pentingnya pola hidup sehat dan beralih mengikuti gaya hidup aktif, kini membuat ruangan khusus olahraga di rumah menjadi sebuah tren populer yang ternyata sudah dilakukan banyak orang, terutama para pecinta aktivitas kebugaran.

Bagi Anda yang juga hobi berolahraga namun tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke gym, Anda tidak perlu merasa khawatir. Ada banyak sekali alat fitness rumahan yang cocok digunakan untuk latihan di rumah, Berikut beberapa daftarnya:

 

  1. Dumbbell

dumbbell

Ada banyak alasan kenapa dumbbell menjadi peralatan olahraga yang sangat populer. Selain mudah digunakan dan dibawa ke mana pun, dumbell menawarkan banyak manfaat kebugaran untuk tubuh Anda. Dengan mengembangkan sedikit kreatifitas, Anda bisa melakukan beragam variasi latihan yang dapat membantu mempercepat penurunan lemak, mengembangkan kekuatan tubuh, membangun massa otot, bahkan hingga meningkatkan latihan kardio Anda. Karenanya, dumbbell menjadi peralatan fitness pertama yang harus ada di rumah Anda.

  1. Kettlebell

kettlebell

Kettlebell adalah alat fitness serbaguna lainnya yang wajib untuk dimiliki di rumah. Dibandingkan dengan dumbell, kettlebell menawarkan mafaat latihan yang lebih unik. Karena distribusi beban yang tidak merata, alat ini dapat menantang Anda untuk mengontrol beban ketika melakukan gerakan mengayun, menarik, atau menekan. Selain itu, kettlebell juga akan memberikan Anda tantangan ekstra saat melakukan latihan cengkraman dan core stability.

  1. Exercise Bench

exercise bench

Karena menawarkan permukaan yang stabil, exercise bench menjadi bagian integral dari sebagian besar rutinitas latihan kekuatan. Mulai dari gerakan chest press dan chest fly hingga tricep dip dan crunch, ada banyak latihan tak terbatas yang bisa Anda lakukan dengan exercise bench. Terlebih lagi, beberapa model exercise bench juga biasanya sudah dilengkapi dengan tingkat kemiringan yang dapat disesuaikan dan tempat khusus untuk menaruh barbel, sehingga memungkinkan Anda untuk lebih mudah melakukan latihan seluruh tubuh.

  1. Heavy Bag dan Boxing Glove

samsak sarung tinju

Jika Anda mencari peralatan fitness rumahan yang dapat membantu Anda untuk melakukan latihan seluruh tubuh dengan menggabungkan kekuatan, kardio, dan kelincahan, maka pertimbangkan untuk membeli heavy bag (samsak tinju) dan boxing glove (sarung tinju). Dengan melakukan latihan kickboxing, Anda menggunakan seluruh bagian tubuh untuk membangun momentum, kecepatan, dan kekuatan, yang pada gilirannya dapat membakar kalori sekaligus meningkatkan kekuatan otot.

  1. Treadmill

treadnill

Treadmill memungkinkan Anda untuk melakukan jogging atau marathon di dalam ruangan. Saat membeli treadmill untuk digunakan di rumah, carilah model yang menyediakan beragam variasi kecepatan. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih treadmill yang memiliki fitur pemantauan detak jantung. Demi mengurangi resiko cedera, model treadmill dengan penyangga di bagian depan atau samping serta kemampuan untuk berhenti darurat bisa menjadi opsi terbaik Anda.

  1. Stationary Bike

stationary bike

Stationary bike, atau lebih sering dikenal sebagai sepeda statis, dapat digunakan sebagai alat berlatih kardiovaskular yang nyaman di rumah Anda. Alat ini bisa menjadi pilihan alternatif yang baik jika Anda tidak suka berlari di atas treadmill. Terlebih lagi, pergelangan kaki, lutut, dan persendian lainnya dapat mengalami banyak tekanan saat Anda berlari, jogging, melompat, atau melakukan latihan aerobik lainnya. Oleh sebab itu, bersepeda memungkinkan Anda untuk melatih kekuatan pada otot kaki dan paha tanpa perlu membuat persendian Anda menjadi stres.

  1. Home Gym

home gym

Home gym adalah unit alat fitness rumahan compact yang dirancang untuk memungkinkan Anda melakukan banyak latihan sekaligus dengan satu alat saja, karenanya home gym sering juga disebut sebagai multi gym. Sama seperti namanya, home gym merupakan alat fitness all in one dengan banyak fitur yang dapat membantu Anda untuk menikmati gaya hidup aktif di rumah tanpa harus membeli banyak alat fitness. Tergantung pada model dan ukuran yang Anda beli, namun kebanyakan home gym biasanya sudah disertai dengan beberapa perlengkapan ini.

  • Exercise bench yang tingkat kemiringannya bisa disesuaikan.
  • Barbell dengan beragam pilihan beban.
  • Lat pulldown bar dan press bar untuk membentuk otot punggung dan bahu.
  • Leg extension dan leg curl untuk melatih otot paha dan kaki.

Cek paket peralatannya di : Home GYM

Dengan memiliki alat fitness sendiri di rumah, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bepergian ke gym. Selain itu, jika Anda merasa cemas atau malu saat berolahraga di depan orang lain, maka latihan sendiri di rumah adalah pilihan alternatif yang baik, karena Anda memiliki lebih banyak privasi untuk berolahraga di ruangan yang nyaman tanpa perlu mengantri untuk dapat menggunakan peralatan.


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x