3 gerakan ini akan membuat kaki anda lebih kuat

Diposting oleh Genetix Fitness pada

PPKM terus berlanjut? Tenang, kami akan beritahu beberapa gerakan yang anda bisa lakukan dirumah saja tanpa harus takut bepergian ke gym maupun keluar rumah. Dengan latihan berikut ini kaki anda pun akan terasa lebih kuat.

1. Squat

Gerakan squat adalah salah satu latihan yang baik untuk melatih tubuh bagian bawah dan inti otot, jika Anda melakukan latihan ini secara teratur, maka Anda dapat mengencangkan otot paha dan bokong serta meningkatkan sirkulasi pencernaan. Gerakan squat harus dilakukan dengan benar dan penerapan teknik yang tepat. Salah-salah justru persendian Anda yang akan jadi sasarannya. Ada banyak kesalahan yang kerap kali dilakukan dan tak disadari saat melakukan squat. Salah satunya, ketika Anda tidak menekan atau menahan perut saat squat. Hal ini bisa membuat punggung berputar karena berusaha mempertahankan tubuh agar tetap tegak sehingga akhirnya mengakibatkan sakit punggung. Tak hanya bisa bikin sakit punggung bawah, tapi squat yang dilakukan asal-asalan juga bisa menyebabkan lutut cedera. Hal ini terjadi ketika Anda tidak memerhatikan posisi kaki saat squat.

Cara melakukannya :
1. Awali dengan posisi berdiri tegak.
2. Berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul
3. Turunkan tubuh anda sejauh yang anda bisa dengan mendorong punggung ke belakang, sambil naikkan lengan anda lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan.
4. Tubuh bagian bawah harus sejajar dengan lantai dan dada harus dibusungkan, tidak membungkuk. Lalu angkat sebentar dan kembali ke posisi awal.
5. Saat anda menurunkan tubuh anda seperti ingin duduk atau jongkok, paha belakang memanjang di sendi pinggul dan memperpendek sendi lutut.
6. Pada saat yang sama, otot punggung atas menegang, yang membantu anda mempertahankan batang tubuh anda tetap tegak, sehingga punggung anda tidak berputar.

2. Calf Raise

Gerakan calf raise bisa disebut dengan latihan betis. Sama dengan gerakan sebelumnya, gerakan ini juga berguna untuk mengencangkan dan meningkatkan kekuatan otot kaki. Gerakan ini sangat bermanfaat bagi otot tibialis posterior, gastrocnemius, dan soleus pada tungkai bagian bawah.

Cara melakukannya :
1. Berdirilah dengan kaki selebar bahu, dada terbuka, dan bahu condong ke belakang. Letakkan tangan Anda di pinggang dan arahkan pandangan ke depan
2. Angkat kedua tumit dan seimbangkan tubuh pada bola kaki
3. Tahan pose ini sebentar dan kemudian turunkan tumit ke lantai
4. Ulangi ini dengan cepat untuk merasakan betis Anda terbakar dan melelehkan lemak

3. Side Lunges

Merupakan gerakan yang dapat membantu memperkuat otot paha dan meningkatkan fleksibilitas. Gerakan ini melibatkan semua otot paha depan, paha belakang, betis, dan glutes.

Cara melakukannya :
1. Pertama-tama, taruh kedua tangan di pinggang dan berdiri tegak dengan bahu ditarik sedikit ke belakang
2. Mulailah dengan langkahkan kaki kanan ke depan, lalu pelan-pelan turunkan tubuh anda sampai lutut kaki depan menekuk 90 derajat
3. Tahan selama beberapa hitungan, lalu kembali ke posisi semula

Sudah paham kan sekarang? Nah, sekarang tinggal anda lakukan saja gerakan-gerakan tersebut dirumah ya. Selamat mencoba!


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →

x

x
x